5 Daftar Perlengkapan Outdoor yang Wajib Dibawa Saat Camping

totos-camping

Belakangan ini hiking dan camping di puncak gunung menjadi aktivitas yang digilai oleh kawula muda. Apalagi sejak kemunculan film 5 Cm dan tayangan program petualangan maupun jalan-jalan yang memamerkan keindahan gunung, semua orang pun lantas berbondong-bondong ingin menggapai puncak. Gunung yang dulunya merupakan tempat hening sehingga syahdu untuk kontemplasi sekarang sudah berubah menjadi riuh. Bahkan tiap akhir pekan maupun musim liburan suasananya bisa seramai pasar.

Gaya para pendakinya pun beragam. Mulai dari gaya pecinta alam yang membawa peralatan lengkap dan mematuhi etika pendakian, hingga geng hore yang naik gunung hanya sekadar memuaskan hasrat narsis untuk berfoto dengan kertas berisikan aneka tulisan. Ada juga pendaki asal-asalan yang mendaki modal nekat dan tanpa persiapan. Karena itu tak jarang ada pendaki yang menyerah sebelum menggapai puncak akibat fisik yang kelelahan.

Satu hal yang sebaiknya kalian tahu, naik gunung itu sejatinya bukanlah ajang untuk gaya-gayaan semata atau ikut tren biar dibilang anak kekinian. Kalau kamu berniat untuk mendaki gunung, sebaiknya kamu melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini meliputi latihan fisik, ketersediaan logistik, hingga kelengkapan alat pendakian.

Nah jika kamu pendaki pemula dan berniat untuk mendaki gunung, sebaiknya kamu membawa barang-barang berikut ini supaya pendakianmu semakin aman dan nyaman. Berikur ini daftar perlengkapan aktivitas outdoor yang sebaiknya kamu bawa:

  1. Ransel / carrier

Ransel merupakan barang yang wajib dibawa. Demi kenyamanan, sesuaikan ukuran ransel dengan durasi pendakian. Untuk hiking singkat atau pendakian gunung-gunung pendek yang bisa dilakukan tektok (tanpa menginap) sebaiknya kamu memakai daypack yang kecil saja. Namun jika kamu berniat untuk camping di gunung maka bawalah ransel berukuran besar atau carrier yang mampu memuat banyak barang termasuk tenda. Saat ini ada banyak merk ransel, sesuaikan saja dengan selera dan budgetmu. FYI, kamu bisa lho pake ransel merk Palazzo. Harganya ada di kisaran 300 – 400K.

  1. Sleeping bag / kasur karet

Untuk pendakian singkat, sleeping bag tidak perlu kamu bawa. Namun jika ingin menginap di gunung maka kantong tidur ini  wajib masuk ke dalam ransel. Kalau camping di pantai atau di hutan yang medannya tidak terlalu sulit, kasur karet yang bisa dipompa dan mudah dikempeskan juga cocok dijadikan pilihan. Contohnya Intex Queen Classing Downy Airbed. Harga aslinya 400K, tapi di Blanja.com sedang ada promo potongan harga hingga 50%. Asyik kan?

  1. Cookset

Alat masak saat camping tentu saja beda dengan alat masak yang biasa digunakan dirumah. Untuk camping tersedia cookset khusus yang bisa digunakan untuk memasak sekaligus menyajikan makanan supaya praktis.

  1. Sepatu

Kalau ingin hikingmu nyaman, maka pakailah alas kaki yang berkualitas. Saat berjalan kaki di gunung maupun di hutan sebaiknya memakai sepatu yang bisa menutupi seluruh kaki mulai dari jari, tumit, hingga mata kaki. Hal ini untuk menghindari resiko terluka akibat goresan semak perdu di hutan maupun gigitan ular. Pastikan sepatu memiliki sol anti slip dan bahan yang tebal serta tidak mudah robek.

  1. Jaket Parka

Udara di gunung itu dingin, karena itu jaket adalah salah satu item yang harus kamu bawa. Ada beragam model dan jenis jaket. Kamu bisa memilih jaket parka yang berkualitas bagus. Jaket ini mampu menahan angin dari luar dan menjaga suhu tubuh tetap hangat. Cari jaket parka mudah kok, bisa didapatkan di toko perlengkapan outdoor. Tapi kalau kamu nggak pengen ribet belanja online aja di Blanja.com.

Bye the way mungkin ada yang tanya kenapa harus belanja di Blanja.com? Ya karena e-commerce ini memiliki ratusan produk dengan promo menarik setiap harinya. Misalnya promo potongan harga yang diberikan oleh seller yang bergabung bersama Blanja.com. Kita bisa melihat detail produk, lalu membandingkan harganya dengan yang lain dan mendapatkan promo harian (baik itu potongan harga atau free ongkir). Asyiknya lagi, jikalau ada erorr dari seller dan barang tak sampai ke tangan pembeli, ada jaminan uang kembali. Selain itu sellernya trusted semua, produknya asli dan ada jaminan garansi uang kembali yang memanjakan konsumen. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lengkapi perlengkapan outdoor serta aneka kebutuhan pribadi lainnya di Blanja.com dan dapatkan keuntungannya.

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

9 Responses

  1. Evi says:

    Kalau peralatan mendaki nya lengkap memenuhi standar keselamatan dan ternyata cara mendaki juga lebih menyenangkan. Untungnya untuk membeli perlengkapan pendakian sekarang tidak bisa. Kita bisa belanja online :)

  2. Sementara yang belum punya cookset dan sepatunya. Biasanya kalau medaki kedua benda itu aku sewa di tempat teman.

  3. Artikel menarik! Jangan lupa selalu lengkapi peralatanmu..

  4. Tolak angin juga wajib. Buatku. Hehehe

  5. Ira Guslina says:

    Biasanya paling penting bawa uang receh, tapi kayanya di sana minim orang jualan juga, ya? :) Berarti perbanyak perbekalan.

  6. Jangan coba-coba camping kalau belum baca artikel ini. Bisa gawaaaat!

  7. Mel Allira says:

    Tas ransel emang penting. Soalnya bisa muat apa saja.

  8. Liza Fathia says:

    Peralatannya cari di olshop aja kayanya, ya? Lebih gampang. Di sini ndak ada yang jual.

  9. Walter says:

    Untuk konsumsi penting nih: jangan lupa bawa mie instan haha
    penting banget saat camping, apalagi kalo ternyata hujan jd ngga bisa bakar-bakar 😀

Sharing yuk!