Desa Wisata Malang Tawarkan Potensi Investasi Sewa Penginapan untuk Wisatawan

Sumber Shutterstock

sumber ilustrasi: shutterstock

Berada di Provinsi Jawa Timur, kawasan Malang menjadi daerah yang sangat berkembang dalam sektor pariwisata. Selama 10 tahun terakhir, di wilayah ini bermunculan beragam destinasi wisata, baik alam maupun buatan yang menarik banyak pengunjung.

Perkembangan ini tentu saja membuka banyak peluang investasi, salah satunya adalah investasi dalam sektor akomodasi penginapan.

Ditengah maraknya industri pariwisata, berinvestasi di bidang akomodasi adalah hal yang menjanjikan. Tak harus investasi dalam skala masif, hanya bermodalkan rumah tinggal pun Anda sudah bisa membangun bisnis penginapan.

Di tambah lagi saat ini ada banyak situs yang bisa Anda jadikan media berpromosi. Selain itu, Anda juga bisa memasarkan penginapan yang Anda miliki melalui sosial media. Anda pun bisa memasarkannya secara mandiri.

Salah satu hal yang menjadikan sebuah penginapan laris adalah lokasinya yang strategis. Apalagi jika dekat dengan tempat wisata, dijamin pasti pengunjung akan membludak.

Masalahnya, di kawasan yang strategis dan dekat tempat-tempat wisata seperti Jatim Park atau Batu Night Spectakular pasti penginapan sudah banyak. Populasi hotel, villa, dan akomodasi lainnya sangat masif.

Daripada sulit bersaing dengan villa dan hotel-hotel besar, ada baiknya Anda melirik lokasi lain untuk berinvestasi. Salah satu lokasi yang sangat potensial dan belum terlalu banyak pesaing adalah di dekat Desa Wisata.

Selain belum terlalu banyak investor yang menggarap properti di sana, dilansir dari Lamudi.co.id, daftar ketersediaan rumah dijual di Malang pada kawasan tersebut juga cukup banyak. Bahkan, harganya pun tergolong terjangkau.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi properti pada Desa Wisata di Malang, dua wilayah ini adalah opsi terbaiknya.

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan salah satu destinasi desa wisata unggulan di Malang. Berada di dataran tinggi yang asri, desa wisata ini menawarkan pesona utama liburan edukatif dan berteman dengan alam. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati suasana desa yang asri, menikmati aneka sajian kuliner, wisata outbond, agrowisata, hingga berkuda.

Desa Pujon Kidul terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan bisa melewati jalan utama serta jalan alternatif dnegan durasi sekitar 1 jam dari kota.

Khusus sektor jual beli hunian pada desa wisata Pujon Kidul, harga yang ditawarkan hampir mirip dengan rumah-rumah yang dijual di Malang wilayah perkotaan yakni mulai dari 200 jutaan.

Ada keunikan tersendiri untuk unit-unit pada kawasan ini. Beberapa dari unit yang ditawarkan diketahui mengusung konsep hunian villa yang dikombinasikan dengan etnik Jawa. Kesan ekslusif yang diberikan dapat memberikan nuansa terbaik untuk staycation.

Desa Wisata Gubugklakah

Desa wisata yang dikenal dengan julukan Desa Apel ini terletak pada Kecamatan Poncokusumo, sekitar 23 km dari pusat Kabupaten Malang. Desa ini kaya dengan potensi wisata alamnya seperti Coban Pelangi, Gunung Sari Sunset, Coban Bidadari, Ndayung Adventure, dan River Tubing Pelangi.

Untuk menikmati semua potensi wisata yang ada di desa wisata ini, waktu sehari tidaklah cukup. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini sangat disarankan untuk menginap. Karena itu potensi bisnis penginapan terbilang cukup menjanjikan.

Di kawasan ini, harga properti rata-rata menyentuh 8,8 juta per meter persegi. Jika diakumulasikan dari mayoritas rumah yang dijual di Malang, tepatnya di Desa Gubuklakah, rumah-rumah dapat dimiliki hanya bermodal 200 hingga 300 jutaan saja. Hampir sama dengan desa wisata sebelumnya.

Jika Anda berencana ingin mulai berinvestasi dalam bisnis properti, sudah saatnya Anda melirik kawasan desa wisata di Malang ini. Membangun homestay sederhana atau villa di area dataran tinggi yang dingin seperti Malang pasti akan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

Sharing yuk!