Jalan-Jalan dengan Kereta Api dari Bandung ke Purwakarta

train

Purwakarta merupakan kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat. Ia memiliki lokasi yang strategis. yaitu berada di jalur perlintasan antara kota Bandung dan kota Jakarta. Saat ini Purwakarta semakin dikenal karena ada banyak tempat menarik yang menjadi destinasi wisata baru, contohnya air mancur terbesar di Asia Tenggara yakni air mancur Sri Baduga. Purwakarta juga banyak dikunjungi traveler yang ingin berwisata kuliner mencicipi sate meranggi yang sangat populer. Oleh karena itu, kini akses menuju Purwakarta semakin mudah. Ada banyak pilihan transportasi yang digunakan, salah satunya adalah kereta api.

Jarak Bandung dan Purwakarta yang tidak terlalu jauh dan dapat ditempuh dengan beberapa kendaraan, membuat wisatawan semakin banyak berdatangan. Waktu tempuh perjalanan yang terlalu tidak lama membuat banyak wisatawan dari Bandung menjadikan Purwakarta sebagai kota tujuan untuk berlibur. Apalagi bagi para pekerja Kota Bandung yang super sibuk, kota Purwakarta sering menjadi tujuan untuk melepas penat sejenak dalam liburan yang singkat. Berdasar dari hal tersebut, kini banyak diadakan rute perjalanan dari kota ke Bandung ke Purwakarta termasuk rute kereta Api Bandung-Purwakarta.

Untuk rute kereta perjalanan dari kota kembang ke Purwakarta dapat dimulai dari beberapa stasiun di kota Bandung seperti Stasiun Cicalengka, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Bandung, Stasiun Gedebage, dan beberapa stasiun lain lagi. Lalu, dapat turun di beberapa stasiun tujuan di Purwakarta seperti Stasiun Purwakarta, Stasiun Cikadongdong, Stasiun Padalarang, Stasiun Rendeh dan beberapa lagi stasiun yang lain. Kereta yang dapat dinaiki untuk rute Bandung-Purwakarta adalah KA Serayu, KA Argo Parahyangan, KA Ciremai, KA Malabar, dan KA Harina.

Untuk jadwal KA dari Bandung ke Purwakarta ada beberapa jadwal rute baik dari KA Argo Parahyangan, dan kereta yang lainnya. Rute KA Argo Parahyangan ada beberapa seperti rute KA kelas ekonomi dari stasiun Kiaracondong ke stasiun Purwakarta yang berangkat pada jam 13.30 WIB dan tiba pada jam 15.25 WIB dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 55 menit. Rute KA Argo Parahyangan selanjutnya adalah KA kelas eksekutif yang juga berangkat dari stasiun Kiaracondong ke stasiun Purwakarta yang berangkat pada jam 04,35 WIB dan tiba pada jam 06.29 WIB dengan lama waktu perjalanan 1 jam 54 menit. Lalu rute KA Argo Parahyangan yang ketiga dari stasiun Kiaracondong menuju stasiun Purwakarta yang berangkat pada jam 04.35 WIB dan tiba pada jam 06.29 WIB dengan lama waktu 1 jam 54 menit dengan kelas kereta ekonomi.

Lalu selain KA Argo Parahyangan, KA Malabar pun memiliki rute kereta dari Bandung ke Purwakarta yaitu rute KA Malabar kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Kiaracondong menuju stasiun Purwakarta yang berangkat pada jam 08.06 WIB dan tiba pada jam 10.05 WIB dengan durasi lama perjalanan selama 1 Jam 59 menit. Selain itu, ada KA Serayu kelas ekonomi yang berangkat dari stasiun Kiaracondong menuju stasiun Purwakarta yang berangkat pada 14.06 WIB sampai pada 16.00 WIB dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 54 menit.

Itulah beberapa rute perjalanan kereta dari Bandung ke Purwakarta yang bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin mengunjungi Purwakarta dari kota Bandung. Sebenarnya, selain kereta-kereta di atas ada pula beberapa kereta lokal yang hanya berangkat satu kali dalam sehari yang juga dari Bandung menuju Purwakarta. Dengan kereta lokal ini, calon penumpang hanya perlu membeli tiket seharga 7000 rupiah saja untuk dapat menaikinya. Lalu yang menarik dari kereta lokal ini, juga dapat dinaiki saat weekend dan liburan hanya dengan 7000 rupiah juga.

Nah, bagaimana? Sudah memikirkan untuk berlibur ke Purwakarta serta rute perjalanan kereta mana yang akan anda naiki untuk ke sana?

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

Sharing yuk!