Cara Mudah Mudik Menggunakan Kereta Api

Kayaknya baru kemarin nyalain kembang api warna-warni, ibadah tutup tahun, terus bikin resolusi untuk 2020. Tahu-tahu sekarang sudah di pertengahan Februari dan 2 bulan lagi sudah masuk puasa, terus Idul Fitri. Time flies so fast.

Nah ngomong-omong soal Idul Fitri, tentunya tidak bisa dilepaskan dengan tradisi mudik yang dilakukan turun temurun. Bahkan, mudik ini tak hanya dilakukan oleh warga Muslim yang hendak berlebaran, namun dilakukan oleh 90% perantau lintas suku dan agama. Mudik alias pulang ke kampung halaman di saat Idul Fitri akhirnya menjadi budaya.

Dalam tradisi mudik tentunya kita memerlukan alat transportasi supaya tiba di rumah dengan selamat. Ada yang memakai kendaraan pribadi (biar bisa sekalian pamer ke tetangga bahwa sudah sukses hidup di kota haha), ada juga yang memakai kendaraan umum supaya bisa beristirahat di perjalanan.

Salah satu moda transportasi yang menjadi favorit masyarakat kala mudik adalah kereta api. Kenyamanan dan ketepatan waktu tiba di tujuan adalah alasan utama yang menjadikan kereta semakin banyak peminatnya. Tak heran jika masyarakat yang sudah pernah mudik naik kereta api mengatakan puas dengan pelayanan PT. Kereta Api Indonesia, khususnya saat mudik Lebaran.

Masalahnya, saking banyaknya warga yang memilih mudik naik kereta api, tiket Lebaran jadi terjual dengan cepat. Meski ada kereta tambahan terkadang tidak sebanding dengan membludaknya calon penumpang. Akhirnya ada banyak orang yang tidak bisa mendapatkan tiket mudik. Kan sedih banget kalau acara balik kampung batal akibat tidak dapat tiket.

Supaya tidak kehabisan tiket Lebaran, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jika Anda melakukan hal-hal ini, kemungkinan besar Anda akan terhindar dari drama kehabisan tiket mudik.

Membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan 

Cara pertama, jika Anda ingin mendapatkan tiket kereta api untuk mudik, sebaiknya belilah jauh-jauh hari. Menurut informasi dari PT. KAI, penjualan tiket kereta Lebaran 2020 dimulai pada H-90 Lebaran.

Misal Anda ingin mudik H-5 Lebaran, tiket kereta mudik bisa Anda beli pada tanggal 20 Februari 2020. Untuk tanggal-tanggal lain, Anda bisa menghitungnya sendiri. Begitu juga dengan tiket kembali ke perantauan, Anda bisa membelinya H-90 sebelum tanggal keberangkatan.

Mengapa harus membeli tiket jauh-jauh hari? Tentu saja demi alasan kepastian. Lebaran selalu berdekatan dengan momen liburan. Semua orang pasti ingin bepergian. Jika Anda membelinya mepet dengan jadwal berangkat, kemungkinan tiket sudah habis. Untuk itu, disarankan membeli jauh-jauh hari.

Setidaknya, jika sudah memiliki tiket, satu persoalan usai. Jika Anda pegawai, Anda bisa fokus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan di kantor sebelum libur panjang. Anda tak perlu merasa ketar-ketir apakah bisa mudik atau tidak sebab tiket sudah ada di tangan.

Membeli Tiket Kereta Online di Traveloka

Beberapa tahun lalu, saat masih jadi anak kos-kosan saya pernah menemani seorang kawan antri beli tiket mudik. Saat itu kami bergabung dengan antrian panjang yang mengular di depan loket Stasiun Lempuyangan, Jogja. Hari sudah larut malam namun kami masih antri. Hal itu semata-mata demi mendapatkan selembar tiket kereta.

Jika ingat masa-masa itu rasanya ingin tertawa. Perjuangan untuk mudik benar-benar terasa. Namun, saat ini membeli tiket kereta semakin mudah. Kita tidak harus antri di stasiun, tapi bisa sambil rebahan di kamar.

Cukup buka aplikasi Traveloka, masukkan kota tujuan dan tanggal rencana keberangkatan, nanti akan ada banyak pilihan kereta api. Keretanya sangat beragam, dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling cocok dengan kantong dan jam keberangkatan.

Seandainya uang yang Anda miliki tidak cukup banyak atau hendak digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting, kini di Traveloka ada fitur paylater. Fitur ini memungkinkan Anda membeli tiket lebih dulu dan membayarnya beberapa waktu kemudian. Sebuah solusi bagi sobat kismin.

Menyimpan Tiket Dengan Seksama

Salah satu alasan yang membuat orang enggan membeli tiket jauh-jauh hari biasanya takut hilang, entah terselip ke mana atau terlupa menyimpannya. Saat masa-masa print tiket manual, hal itu memang bisa terjadi.

Hey, tapi apakah Anda tidak ingat bahwa saat ini semuanya sudah serba digital? Tak ada lagi alasan takut tiket hilang.

Saat membeli tiket di Traveloka, nantinya e-tiket akan dikirim otomatis ke email Anda. Jadi rasanya resiko tiket hilang nyaris tidak ada. Beda ceritanya kalau Anda lupa dengan password email yang digunakan atau justru email Anda hapus. Tapi kok kayaknya kemungkinan ini sangat kecil ya.

Dengan menggunakan tiket digital yang dikirimkan oleh traveloka, saat hari keberangkatan bisa langsung Anda pakai atau bisa dicetak terlebih dahulu di stasiun tempat Anda berangkat. Perjalanan mudik pun akan menjadi lancar.

Demikian sedikit tips yang bisa saya berikan untuk kawan-kawan semua. Tips yang sangat umum sih hahaha, tapi semoga bisa membantu mengingatkan kawan-kawan yang berencana mudik naik kereta tahun ini.

Ngomong-omong, Lebaran kali ini ada rencana mudik ke mana? Atau justru melancong ke tempat jauh? Kalau saya masih menimbang-nimbang. Hendak stay di Jogja saja atau piknik saja. Enaknya kemana, ya?

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

32 Responses

  1. CREAMENO says:

    Iya ya mba, nggak menyangka waktu berjalan begitu cepat, sebentar lagi musim mudik akan datang. Dan betul yang mba bilang, sekarang mudik itu sudah seperti budaya jadi rasanya senang karena siapapun bisa bereuforia dengan aktivitas mudik ke kampung halaman 😀

    By the way, mudik naik kereta memang lebih menyenangkan dan hemat waktu daripada naik mobil. Pernah waktu kecil diajak mudik oleh orang tua naik mobil, ya ampuuun lama dan macetnya membuat sensitif di perjalanan hehehe. Semoga tahun ini PT.KAI menyiapkan kereta lebih banyak, biar semua bisa senang 😀

  2. Sekarangs semua dimudahkan, bahkan dalam waktu mendadak pun bisa beli tiket hahahahahah.
    Tidak perlu antre, tinggal buka aplikas, pesan, bayar, dan kelar. Semudah itu. Waktunya lihat poin-poin di aplikasi, siapa tahu dapat banyak poin buat diskonan haaaaa

  3. @nurulrahma says:

    Wohooo, iyaaaa bener banget, ngga kerasa akhir April udah bulan puasa lhooo
    Ya ampyuun, ini hutang2 puasa tahun lalu kudu segera dibayar nih 🙂

    Aku juga demen banget naik kereta. Bagusss banget sekarang moda KA dan service-nya.
    Thn lalu aku beruntung bgt, bisa ke JKT naik KA Priority bareng salah satu detergent 🙂
    Moga2 thn ini ada program mudik itu lagiiii

  4. Lidya says:

    wah pas bener nih tiket kereta api buat mudik lebaran sudah bisa dibeli ya, beli lewat traveloka ga pakai antri. Pingin nyobain naik kereta Priority kaya apa ya penasaran aku

  5. Eka Fikry says:

    Wow, penjualan tiket kereta Lebaran 2020 dimulai pada H-90 Lebaran.Udah mulai sekarang ya. Aku belum pernah kalau mudik lebaran pesan tket kereta, karena memang kampungku tidak ada jalurnya lsg utk naik kereta. tapi, saat jalan-jalan ke Solo dan Yogya dari jakarta aku pernah naik kereta api dan pesennya juga di traveloka. Menyenangkan naik kereta ituh..

  6. Bener mba, kalau enggak jauh-jauh hari bakalan ga dapet seat deh kalau mau mudik naik kereta api. Beberapa teman pernah cerita betapa harus dari jauh hari mereka berburu kereta untuk bisa pulang dan bertemu dengan keluarga saat mudik.

  7. Inna Riana says:

    booking jauh2 hari bikin tenang ya. malah bisa lebih hemat karena fitur traveloka pay later. bepergian ga kuatir lagi bakal menguras kantong 🙂

  8. Kabarnya tiket kereta api sekarang udha bisa dibeli, ya. Meamng mendingan beli di tempat yang udah dipercaya, deh. Saya juga lebih suka beli di Traveloka

  9. Traveloka salah satu agent travel fav aku setiap tahun. Kalo urusan travelling atau mudik aku selalu mengandalkan Traveloka karena harganya lebih kompetitif! 🙂

  10. Mudik dengan menggunakan kereta api dambaan bagi mereka yang ingin bertemu dengan sanak saudara. Tapi aku pun suka memilih naik kereta kalau liburan luar kota yang memang bisa dijangkau dengan kereta api.

  11. Ade UFi says:

    Iya ya bener juga. Kalau mau beli tiket mudik harus dipersiapkan 3 bulan sebelumnya. Berarti mulai bulan beaok nih yg mau mudik hunting tiket kereta.

  12. Untuk yang mau mudik di hari raya Idul Fitri tahun ini, kayaknya memang harus sudah memesan dari sekarang ya, Mbak.\Kemarin saya dengar ada seorang teman yang sudah membeli tiket kereta api untuk mudik. Kalau dekat dari hari H-nya biasanya udah habis

  13. Rach Alida Bahaweres says:

    Sekarang kalau beli tiket kereta jadi lebih mudah ya mba karena bisa beli di Traveloka. Ngebantu banget 🙂

  14. Ga kerasa ya, sudah waktunya hunting tiket mudik. Lebaran udah dekat. Naik kereta api emang opsi yang nyaman dan hemat

  15. Dulu masih pernah ngerasain hunting tiket antre di stasiun. Haha…. jadi bersyukur banget sekarang gak perlu repot, cukup di rumah aja udah bisa dapat tiket.

  16. Lina W. Sasmita says:

    Ya ampuun baru ngeh ya, sebentar lagi puasa dan lebaran. Biasanya memang sudah saatnya untuk gunting tiket kereta api.

  17. Sulis says:

    Aku mudiknya deket, cuma lintas kabupaten. Jadi bersyukur sih, nggak mesti dag Dig dug nyari tiket… Tp soal pertiket an…aku percaya traveloka juga

  18. aswindautari says:

    Gak kerasa ya mba bentar lg bulan puasa. N bentar lagi bakal rame mudik. Aku jd pengen mudik jg nih. Kekira pesen tiket dr sekarang aja ya spy murah. Hehe

  19. echaimutenan says:

    Bentar lagi waktunya pulang kampung :”)
    Cepet banget ga kerasa :”)
    Ini waktunya kami juga pulang xixix. Beli traveloka pastinya. Dah bertaun-taun paling cepet beli pakai traveloka

  20. April Hamsa says:

    Seneng tahun ini ada kebijakan bisa beli H-90 gak kyk sebelumnya yang cuma H-30 ya mbak jd gak grudak gruduk serbu bareng2.
    Saya terakhir akhir bulan lalu nih naik KA ke Malang dr Jakarta belinya lewat Traveloka juga lho, cukup praktis dan terpercaya.

  21. Damar Aisyah says:

    Setiap lebaran aku selalu mudik,Mbak. Cuma tahun ini belum beli tiket kereta. Belum bikin plan apa-apa, tapi diusahakan pulang sih, sekalian mau jenguk temen-temen.

  22. Nchie Hanie says:

    Aahhh..lebaran bentar lagi dan kemaren meet up bareng KAI udah boleh dipesan buat mudik, beneran nih harus jauh2 hari biar tenang pas mudik nanti ya.

  23. umimami says:

    ish iya ya lebaran bentar lagi, april udah puasa, alhamdulillah sekarang bisa pesen tiket kereta tiga bulan ssebelumnya, bisa mulai pesan tiket kereta nih, cari cari yang murah di traveloka

  24. Arinta Adiningtyas says:

    Saya banget nih, mudik pake kereta. Ke Kutoarjo dan ke Cirebon. Pasti ke dua tempat itu deh, soalnya diratain ke tempat bapak dan tempat mertua. Pesan tiketnya juga lewat Traveloka. Tapi saya ini bisa dibilang termasuk penumpang kereta tambahan, Mbak.. Soalnya suka kalah cepat sama yang lain. Wkwkwk.. *tutup muka

  25. Dengan kemudahan seperti ini, pesan tiket bisa dimana aja kapan aja.. Bahkan pesen tiket untuk masa depan atau masa yang akan datang pun bisa 😀

  26. naniknara says:

    Lebaran tahun ini pengen mudik ke Klaten, naik malioboro expres dari Malang.
    H-90, berarti sekarang udah bisa di pesan ya, mau cek ah di traveloka

  27. arenapublik says:

    hehe enak ya yang kampung nya masih 1 pulau, dan kabarnya jg udah bsa beli tiket kereta utk mudik skg

  28. Wah iya bentar lagi bulan puasa ya. Udah mulai bisa pesan tiket kereta untuk lebaran dari sekarang dong yaa.
    Semoga masih kebagian tiket 🙈

  29. Slamsr says:

    Belon kesampean ini mudik ke boyolali pake kereta,
    ya lah, semarang boyolali gak dilewati rel kereta…

    besok pengen nyobain yang semarang solo, baliknya ngebis

  30. Brenggo Tour says:

    kalau sekarang beli tiket kereta sudah jauh lebih mudah ya karena bisa beli onine..

  31. Liburan di jogja aja mbak, jogja seru kok ☺

Sharing yuk!