Pantai Balangan Bali, Pantai Permai Penuh Nyiur Melambai

Kalau kamu sering nyanyi atau mendengar lagu Rayuan Pulau Kelapa, pasti kamu bakal setuju banget kalau pantai di Bali yang satu ini dianggap bisa mewakili suasana yang digambarkan di lagu nasional tersebut. Pantai tersebut adalah Pantai Balangan.

Pantai eksotis yang berada nggak jauh dari Pantai Dreamland ini punya suasana pantai yang dipenuhi pohon nyiur, alias kelapa. Nggak heran, begitu menapakkan kaki ke sana, kamu bakal mendapati suasana pulau kelapa nan amat subur yang digambarkan di lagu Rayuan Pulau Kelapa. Wuih, mantab ya?

pantai balangan 1

Nyiur melambai di Pantai Balangan (source: cumilebay.com)

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh tempat wisata Pantai Balangan Bali dibandingkan dengan pantai lainnya adalah kondisi pantai yang terkepung tebing. Menariknya lagi, tebing yang mengepung pantai ini bukan cuma tebing kosong, melainkan tebing dengan pura bernuansa klasik.

Nggak heran, Pantai Balangan saat ini menjadi aset baru Bali. Kalau kamu bosan berkunjung ke Pantai Kuta, Sanur, atau Nusa Dua, coba kamu belokkan langkahmu ke Balangan. Kamu pasti akan jatuh cinta dengan suasana pantai dengan jajaran pohon kelapa yang berbaris rapi. Nggak cuma barisan pohon kelapanya yang keren, pantai ini juga punya debur ombak yang memikat.

Pantai Balangan ini memang terletak sisi Pulau Bali bagian Selatan. Kamu pasti tahu kalau pada umumnya pantai di bagian selatan Indonesia punya gelombang ombak yang menantang. Nggak usah pusing kalau mau berjemur atau foto-foto di hamparan pasir putih. Pantai yang permai ini juga punya pasir putih dengan garis pantai sekitar 1 km. Wow! Tapi yang perlu kamu tahu, pasir putih di Pantai Balangan punya tekstur yang sedikit kasar. Pasir putihnya bukan pasir putih yang halus dengan butiran kecil-kecil.

Pantai Balangan 2

Pantai Balangan (source: cumilebay.com)

Kalau pas liburan ke Pantai Balangan Bali dan kebetulan juga pengin jalan-jalan ke Pantai Dreamland, kamu bisa berjalan menuruti garis pantai ke arah barat. Kalau masih belum puas juga, di dekat tempat wisata Pantai Balangan juga ada obyek wisata Garuda Wisnu Kencana Bali atau GWK.

Jika air laut sedang tidak pasang, kamu bisa mendekat ke arah pantai dengan aman. Hati-hati kalau mau berenang, ya! Bagaimana pun, Pantai Balangan ini punya deburan ombak yang cukup besar. Nah, kalau memang kamu tertarik untuk berenang di sini, di kawasan obyek wisata Pantai Balangan sudah ada kamar mandi untuk membilas tubuhmu setelah berenang. Kalau mau makan, silakan kamu susuri kawasan pantai dan temukan banyak warung makan dengan menu-menu khas laut yang menggiurkan.

Siapa pun pasti akan setuju. Ada banyak surga tersembunyi di Pulau Bali, termasuk Pantai Balangan. Pantai yang sangat terkenal di kalangan wisatawan asing ini bakal cocok banget untuk kamu gunakan sebagai tempat menyendiri atau sebagai tempat untuk mencari inspirasi.

Lokasi Pantai Balangan ada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dilihat dari segi mana pun, pantai ini cocok banget untuk dijadikan sebagai lokasi liburanmu. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu bisa berkendara selama sekitar 1 jam melalui Jl. By Pass Ngurah Rai untuk mencapai lokasi ini. Rasanya memang bakal pas kalau kamu membeli tiket pesawat Bali, kemudian melanjutkan dengan jalan darat. Salah satu alternatif tiket pesawat Bali dengan harga yang terjangkau adalah tiket pesawat Lion Air. Kamu bisa pesan tiket pesawat Lion Air ke Bali sebagai bekal pertamamu untuk mencapai Pantai Balangan yang menakjubkan ini.

Yuk, berangkat ke Pantai Balangan sekarang!

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

4 Responses

  1. dwisusantii says:

    Jika rebahan di bawah pohon nyiurnya, harap tetap waspada sama kelapa garing wkwkwk
    Hijau, sejuk dan masih sepii mbak. Kusuka pantai semacam ini. Enggak kaya cendol :p

  2. Bara Anggara says:

    Dulu ke GWK dan dreamland,, tapi gak tau ada pantai ini :(

    -Traveler Paruh Waktu

Sharing yuk!