Tips Belanja Online Hemat Ala Mamak

Bulan Ramadan belum juga dimulai tapi WA grup #NgopiTiapPekan sudah heboh dengan rencana buka puasa bersama. Bahkan sejak bulan lalu, kawan-kawan sudah menetapkan tanggal bukber. Tak hanya itu, undangan pun sudah disebar dan kawan-kawan dari berbagai kota, termasuk yang tinggal di ujung timur Jawa sana, sudah mulai konfirmasi kehadirannya. Sungguh heroik sekali mereka itu.

Dari calon peserta (tsaaah sampai ada calon peserta segala) buka bersama tersebut, saya adalah satu-satunya yang non muslim, tapi saya juga yang paling semangat. Ya, meski tidak turut serta berpuasa dan merayakan bulan Ramadan serta Idul Fitri, dari dulu saya selalu suka dan menikmati suasana serta keriaan yang ada. Menurut saya Ramadan di Indonesia selain menjadi perayaan keagamaan juga perayaan budaya yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Ramadan adalah saat di mana saya bisa berkumpul dengan banyak kawan dan kerabat yang selama ini berjauhan, lantas mengeratkan kembali tali silaturahmi. Ramadan juga menjadi momen di mana saya benar-benar belajar makna toleransi dan menghargai. Bahwa perbedaan itu memang benar nyata dan ada, tapi itu bukanlah sesuatu yang harus ditonjolkan melainkan dihargai sebagai sebuah keberagaman yang memperkaya.

Baca: Nostalgia Wonosobo, Melabuhkan Rindu di Kampung Halaman

Selain bisa sering berkumpul dengan alasan buka bersama, hal lain yang saya sukai dari Ramadan adalah diskon di mana-mana, ahahahahahaha. Sebagai mamak-mamak yang selalu memperhitungkan tiap rupiah yang keluar, diskon adalah hal yang sangat menyenangkan #mataijo. Ngaku deh, klean semua juga suka diskon kan? Apalagi jika nemu barang yang dipengen dengan harga hemat, pasti senyam-senyum girang.

Mau belanja apa kita? (source: pixabay)

Mau belanja apa kita? (source: pixabay)

Sebagai orang yang tidak terlalu suka dengan keramaian, belanja di bulan Ramadan itu seneng-seneng malesin. Senangnya karena buanyak banget yang diskon, termasuk kebutuhan hidup sehari-hari, jadinya mamak bisa hemat banyak banget. Malesnya karena mamak nggak terlalu suka keramaian. Jelang lebaran kan pusat pertokoan selalu ramai, nah belanja di saat-saat itu selalu bikin pening kepala lihat kerumunan orang-orang.

Untungnya di zaman digital ini saya sudah dimudahkan dengan keberadaan toko online, sehingga bisa puas belanja dan nggak perlu capek-cepak keluar rumah. Salah satu marketplace andalan saya tentu saja Tokopedia, karena di sini saya bisa nemuin apa yang saya cari.

Sejauh ini Tokopedia sudah sangat memudahkan hidup saya dalam urusan pembayaran tagihan listrikl dan BPJS, pembelian produk digital, serta belanja fashion dan mainan bocah. Adapalagi dengan sistem pembayaran yang sangat beragam, salah satunya lewat virtual account, semuanya jadi semakin mudah. Cukup duduk manis di rumah sambil pencet-pencet, tahu-tahu barang yang diinginkan sudah datang.

tokped 3

Dalam menyambut bulan Ramadan ini, ternyata Tokopedia memiliki loyalty program baru bernama Ramadan Ekstra. Program ini memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan Tokopedia, mulai dari cashback, gratis ongkir, diskon, hingga flash sale. Huhuiii, mamak nari-nari girang. Kayaknya rencana buat beli sepatu gunung sama jaket kecil buat Renjana yang bisa dipake naik-naik ke puncak gunung bisa terwujud sekarang deh #lirikdompet #nungguTHRmasbojo #padahalTHRnyabesoknatal #inihestekkenapapanjangamatdannggakpenting.

Baca: Selain Bertualang, Saya Juga Mengenalkan Aktivitas Belanja Pada Si Kecil, Lho! Mau Tau Alasannya?

Ramadhan Ekstra: Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

Nah, jika kawan-kawan berencana memanfaatkan program Ramadan Ekstra ini dengan belanja di Tokopedia, mungkin kawan-kawan bisa baca dulu nih tips belanja online ala saya. Biar enggak ketipu sama seller abal-abal gitu. So, here we go!

  1. Tentukan barang yang ingin dibeli, kemudian bandingkan harganya di berbagai toko online

Berhubung di Tokopedia ini ada banyak banget toko online, jadi kita sebaiknya membandingkan haga tiap-tiap toko supaya mendapatkan harga yang lebih murah. Jangan sampai menyesal karena sudah membayar, eh ternyata di sebelah ada barang sama dengan harga lebih hemat.

  1. Jangan malas membaca review! Belilah barang di seller dengan reputasi baik

Banyak orang yang tertipu dengan harga murah sehingga mereka tidak peduli dengan komentar dari para pembeli. Menurut saya, setelah melihat daftar harga dan menemukan harga yang murah, sebaiknya kita juga membaca ulasan pembeli supaya mendapatkan gambaran tentang toko tersebut. Toko dengan banyak bintang, banyak review positif, serta harga yang miring adalah pilihan yang menyenangkan.

  1. Cari toko yang lokasinya dekat dengan kita supaya ongkirnya lebih murah

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan.

  1. Pilih metode pengiriman yang paling efisien

Saat ini ada begitu banyak jasa ekspedisi yang bisa mengirimkan barang yang kita beli secara online. Pilihlah jasa pengiriman yang paling sesuai dan menurut Anda paling baik. Biasanya tiap orang sudah memiliki jasa pengiriman “andalan”nya masing-masing.

  1. Gunakan cara pembayaran yang paling mudah dan tepat

Satu hal yang paling saya suka dan memudahkan saat belanja di Tokopedia adalah keragaman cara pembayaran. Bisa lewat transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran lewat minimarket. Jadi Anda sudah tidak perlu pusing-pusing lagi.

  1. Manfaatkan promo dan diskon!

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan ini bisa kita gunakan untuk buat Ramadan semakin istimewa.

Zaman sekarang, belanja bisa disambi ngopi-ngopi di rumah (sumber: pixabay)

Zaman sekarang, belanja bisa disambi ngopi-ngopi di rumah (sumber: pixabay)

 

Setelah membaca tips belanja hemat ala saya, apakah Anda jadi semakin tertarik untuk belanja di Tokopedia? Pssst, gosipnya pada tanggal 25 Mei besok bakal ada kejutan dari Tokopedia untuk para pembeli. Penasaran kejutannya seperti apa? Pantengin terus Tokopedia yak! Jangan lupa juga siapkan daftar barang yang ingin dibeli, supaya saat tanggal 25 Mei tiba Anda tinggal melakukan pembayaran.

Kalau kawan-kawan sendiri suka belanja di Tokopedia atau marketplace lainnya enggak sih? Cerita di kolom komentar dong!

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

2 Responses

  1. mysukmana says:

    Belanja online sementara hanua window shoping aja hehehe

  2. Liana says:

    wah, makasih tipsnya ya kak.
    mesti ati2 nih tgl 25 mei, takut khalap belanja 😀

Sharing yuk!