Tips Liburan Hemat ke Yogyakarta ala Backpacker

liburan-ke -jogja

Jadi, kapan ke Jogja lagi? (pic by: mas Dhave)

Yuhu long weekend sudah tiba. Inilah saat yang tepat untuk rehat sejenak dari beban kerja yang menumpuk. Mumpung weekend kali ini bertepatan dengan libur Idul Adha, bagaimana kalau kawan-kawan jalan-jalan ke Yogyakarta?

Eits jangan buru-buru merengut dan berujar “Jogja lagi, Jogja lagi”. Percayalah, kalau kamu menganggap Yogyakarta membosankan, berarti kamu belum mengeksplorasi Jogja seutuhnya. Nyaris setiap bulan ada tempat-tempat wisata baru yang bermunculan di Yogyakarta. Kawan-kawan mau piknik kemana? Pantai? Gunung? Gua? Keraton? Kebun Binatang? Candi? Shopping? Icip-icp kuliner? Semuanya ada dan bisa dilakukan di Jogja, lengkap!

Lagipula Jogja apa-apa di Jogja masih murah. Cukup dengan dana 200K sehari, kamu sudah bisa menginap di homestay, mencicipi masakan tradisional yang terkenal, hingga menyewa motor untuk keliling Jogja dari ujung hingga ujung. Jika kamu datang beramai-ramai dengan sahabat, biayanya bahkan bisa jauh lebih murah. Untuk semakin menekan biaya perjalananmu ke Jogja, berikut beberapa tips hemat yang bisa kamu coba:

  1. Hunting transportasi murah menuju Yogyakarta

Kalau memang sudah berencana hendak berlibur ke Jogja, sebaiknya kamu mencari transportasi jauh-jauh hari sebelumnya. Ini bukan semata karena takut kehabisan tiket, namun bukankah tiket pesawat harganya akan jauh lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari? Rajin-rajinlah untuk mengunjungi situs-situs yang melayani penjualan tiket pesawat dan kereta. Siapa tahu mereka sedang mengadakan promo, jadi uang yang kamu keluarkan untuk transportasi makin sedikit.

  1. Jangan membawa barang berlebihan

Kalau kamu berniat jalan-jalan di Yogyakarta ala backpacker, maka kemasilah barang bawaanmu sesimpel mungkin. Jangan bawa barang berlebih. Bawa secukupnya saja, yang penting-penting saja. Selain bisa mempercepak laju gerakmu, kamu juga tak harus membayar lebih ke maskapai penerbangan akibat kelebihan bagasi.

  1. List tujuan liburanmu dan buat itinerary

Sebelum liburan ke Yogyakarta, carilah informasi tempat-tempat wisata di Jogja. Setelah itu buatlah daftar termpat yang ingin kamu kunjungi. Di Yogyakarta ada begitu banyak destinasi wisata bagus dengan tiket masuk yang murah bahkan terkadang free. Jadi kamu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk tiket. Jangan lupa juga buatlah itinerary. Kelompokkan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi sesuai dengan wilayahnya supaya menghemat ongkos transportasi dan juga menghemat waktu.

  1. Cari Penginapan yang strategis dan murah

Di Yogyakarta ada begitu banyak pilihan tempat menginap, mulai dari hotel berbintang, hotel murah, hingga homestay. Berhubung kamu hendak jalan-jalan di Yogyakarta ala backpacker, pilihan bisa jatuh ke hotel murah yang dikhususkan bagi para pejalan atau homestay. Carilah lokasi penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Cara ini bisa menghemat biaya transportasimu selama liburan di Jogja.

  1. Siapkan Kameramu

Biasanya di tempat wisata-wisata banyak dijumpai di Yogyakarta banyak para photografer dadakan yang menawarkan jasa foto. Bahkan terkadang mereka memotretmu secara candid, lantas di pintu keluar memintamu untuk membayar foto yang sudah mereka hasilkan. Sebisa mungkin hindari para photografer tersebut. Kamu bisa mengabadikan momen terbaikmu di Yogyakarta dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan uang dengan menggunakan Kamera Oppo F1s yang hasilnya tak kalah bagusnya dengan kamera photografer. Hasil jepretan menggunakan Oppo F1s membuat foto-foto traveling di Kota Gudeg ini makin maksimal karena Oppo F1s sudah menggunakan kualitas kamera depan 16 MP dan Kamera belakang 13 MP. Ponsel Oppo F1s ini bisa kamu dapatkan dengan cepat di MatahariMall.com yang menyediakan cicilan HP Oppo F1s. Jadi tak masalah bagi kamu yang belum cukup dana untuk membeli ponsel Oppo canggih ini. Kamu bisa mencicil setiap bulan dengan bunga 0%.

So, setelah membaca tips hemat jalan-jalan ke Yogyakarta ala backpacker ini, apakah kamu tertarik berkunjung ke Jogja?

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

10 Responses

  1. Wahh,, aku juga bulan kemaren ke jogja mba,,, tapi hanya ke satu tempat aja :(

  2. ihhh aku mah ga pernah bosen ama jogja ;)… harga2nya murah trs kulinernya banyaaaaaak ^o^.. itu tuh yg bikin selalu pgn balik lagi

  3. Pengin deh mba bisa ke Jogja lagi, tapi untuk saat ini belum bisa deh kayaknya

  4. Mia says:

    Info yg bermanfaat apalg bln des nanti mo kjogja, pnginapan yg rekomen di mana y mba klo bisa deket stasiun lempuyangan?thank u

    • Di dekat stasiun Lempuyangan ada banyak penginapan kok mbak. Dari pintu keluar stasiun mbak bisa belok kanan, sesampainya pertigaan mbak ambil kiri. Nah disepanjang jalan jalan itu banyak penginapan. Atau cek website-nya Yogyes.com aja mbak. Lengkap. Oya saran saya kalau mau ke Jogja pas musim liburan pesan penginapannya jauh-jauh hari karena biasanya penuh.

  5. Fio says:

    Hay mba…
    Postingannya sangat membantu skali…
    saya rencana mau liburan bareng tmn2 bulan juni ini untuk prtama kalinya…jadi mhon bantuannya untuk recomended tmpat2 wisata yg bisa dkunjungi dlm sehari yg tujuannya searah mba…kalau blh drambahin tempat2 wisatanya dibuat bagian2nya biar kami yg bru pertama kali bisa dgn mudah mengunjunginya…
    Thanks yah

  6. Bulan besok mau ke jogja,mau cba tips dari mba elisabeth murni,ok banget

    Di tunggu Kunbalnya ya mba :)

Sharing yuk!