Menuju Wisata Jogja Juara

Dear sobat padi bloggerque, apa kabar kalian semua?  Sehaaaaaaat? *sodorin microphone*

Long weekend sudah berlalu, saatnya kembali kerja buat nabung sebanyaknya, buat beli sneakers wanita (iyak, trekking kemarin bikin sepatu saya jebol), buat beli kamera baru, dan tentu saja buat modal piknik selanjutnya. Eh ngomong-ngomong soal piknik, kalian tau enggak sih tentang ajang penghargaan bertajuk Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang lagi memasuki masa voting?

Apaaa? Belum tau? Duh deeeek, sini-sini merapat biar saya bisikin tentang apa itu API. Jadi API alias Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Di samping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing (ini nyomot dari official webnya)

Berbeda dari tahun sebelumnya, API tahun 2017 ini ada 15 kategori penghargaan. Penasaran apa saja kategorinya? Cek aja di anugerahpesonaindonesia.com gih. Untuk pemenangnya akan dilakukan dengan cara voting. Ada 2 cara untuk memberikan suara pada masing-masing kategori, yakni voting melalui SMS atau voting melalui website.

Tahun ini, 7 destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta masuk sebagai nominasi. 7 cuy, lumayan banyak yak? Hampir separuh. Etapi jangan buru-buru bangga dan senang dulu, masuk nominasi itu artinya kita masih harus bersaing ketat dengan nominator lainnya.

Nah, kalau kalian ngaku cinta sama Jogja dan pengen melihat Jogja jadi juara, yuk bantuin vote supaya Jogja menang. Caranya gampil banget kok. Pertama pastikan dulu ponsel kalian ada pulsanya. Secara ini kan votingnya online, bukan coblosan macam pilkasa. Kalau pulsanya kosong, buruan beli voucher pulsa dulu gih.

Berikut ini 7 daftar wisata Jogja yang masuk nominasi. Untuk kalian yang pengen vote, cukup klik link yang saya sertakan. Nanti ikuti petunjuknya. Pokoknya gampang dan nggak perlu waktu lama. Sudah siap semua? Here we go!

KATEGORI 1. SURGA TERSEMBUNYI TERPOPULER 

C Wanawisata Budaya Mataram Dlingo – Kab. Bantul
Kode SMS vote: API 1C atau klik di sini

hutan pinus

hutan pinus

Saya sempat bertanya-tanya yang dimaksud Wanawisata Budaya Mataram Dlingo itu mana. Ternyata semua destinasi baru yang ngehits di Bantul itu mulai dari Puncak Becici, Hutan Pinus Imogiri, Bukit Dlahom, Pinus Pengger, Jurang Tembelan, Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, itu semua masuk kawasan wanawisata. Pantesan aja tempat ini masuk nominasi, abis emang kece-kece gitu ya.

KATEGORI 6. TEMPAT BERSELANCAR TERPOPULER

G Pantai Wediombo – Kab. Gunung Kidul
Kode SMS vote: API 6G atau klik di sini

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

 

Ga nyangka kan kalau di Jogja ada tempat selancarnya? Jangan salah, Meskipun tergolong baru, Wediombo ini sudah ramai dijadikan lokasi selancar lho. Selain itu pantai yang ada di sisi timur ini juga menyimpan pesona lain yang tak kalah serunya. Penasaran kan?

Read: Renjana, Pantai Wediombo, dan Konspirasi Semesta

KATEGORI 9. DATARAN TINGGI TERPOPULER 

G Kalibiru – Kab. Kulon Progo
Kode SMS vote: API 9G atau klik di sini

Ini nih yang paling hits di kalangan anak instagram. Pokoknya goggling aja dengan hestek Kalibiru, ntar bakalan muncul tuh foto-foto seru disana. Keenan Pearce aja udah poto di Kalibiru lho, kalian kapan?

KATEGORI 10. TUJUAN WISATA BARU TERPOPULER

J Taman Breksi – Kab. Sleman
Kode SMS vote: API 10J atau klik di sini

Taman Breksi atau yang juga dikenal dengan nama Tebing Breksi terletak di bawah Candi Ijo. Dulunya tempat ini adalah bukit penambangan kapur. Kini Tebing Breksi disulap menjadi tujuan wisata baru yang ciamik. Beberapa kali dijadikan lokasi pertunjukan dan konser musik lho. Ciamik pokoknya.

KATEGORI 11. KAMPUNG ADAT TERPOPULER

G Kampung Wisata Mangunan – Kab. Bantul
Kode SMS vote: API 11G atau klik di sini

Sebenarnya saya baru tau kalo Jogja punya Kampung Adat Mangunan ya gara-gara ajang ini (kemana aja lu Sash?). Kampung Adat ini ada di Bantul. Maaf, gabisa ngejelasin banyak, karena belum pernah kesana sih.

KATEGORI 13. OBYEK WISATA BELANJA TERPOPULER 

D Pasar Beringharjo – Kota Yogyakarta
Kode SMS vote: API 13D atau klik di sini

Siapa sih yang nggak kenal Beringharjo? Pasar favorit semua umat. Kalau mau beli batik dan souvenir nikah yang murah ya di sini tempatnya. Meski pasar tradisional tempatnya sudah bersih dan terawat. Beringharjo menyimpan aneka kuliner lezat yang tersembunyi di berbagai tempat. Bagian paling saya sukai dari Beringharjo tentu saja deretan penjual jamu, akar wangi, aneka herbalia, aromanya juwara.

KATEGORI 14. OBYEK WISATA UNIK TERPOPULER

C Gua Jomblang – Kab. Gunung Kidul
Kode SMS vote: API 14C atau klik di sini

gua jomblang

Gua Jomblang

Gua Jomblang ini nih idola saya banget. Sudah 3 kali turun naik Jomblang dan masih belum nolak kalau diajak caving ke sana. Gua Jomblang merupakan gua vertikal dimana kita harus turun menggunakan seutas tali. Di dasar gua jomblang terdapat hutan purba yang vegetasinya beda dengan tanah di atas. Setelah berjalan di lorong gelap, nantinya para caer akan menjumpai ray of light alias cahaya surga yang sangat fenomenal. Dijamin sekali kesana pasti ketagihan!

Read: Sekali Lagi Belajar dari Gua Jomblang

Periode voting ini dimulai dari tanggal 1 Juni sampai 31 Oktober 2017. Mumpung masih ada waktu 1 bulan, yuk bantuin vote supaya Jogja menjadi juara. Jangan lupa juga share informasi ini ke kawan-kawan pejalan yang lain atau siapa pun yang mencintai Jogja.

Terimakasih semuanyaaaaa…
 

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

4 Responses

  1. Dian farida says:

    huaa belum pernah ke gua jomblang nih, jadi pingin

  2. subisaja says:

    😀 keren buat semua…

  3. ublik says:

    Kereeen sih ini jadi pengen piknik ke jogja 😀

Sharing yuk!