DIY: Membuat Tenda Indian “Tee Pee Tent” Sederhana Untuk Anak

Beberapa waktu lalu di TV sempat ada tayangan tentang perajin tee-pee tent alias tenda Indian dengan motif-motif lucu. Sebagai generasi pembaca “Hiawata”, saya pun langsung mupeng pengen punya. Kan lucu tuh buat mainan bRe. Biar dia merasa punya daerah kekuasaan sendiri, yakni di dalam tee-pee tentnya. Terus selain bisa buat mainan di dalam rumah bisa juga buat dekorasi saat dia ultah yang ke-2 Januari besok.

Tee-pee tent ala-ala

Tee-pee tent ala-ala

Tapi saat lihat harganya saya keder duluan dong. Sebagai emak-emak pelit ngirit, mengeluarkan uang sekitar 250 – 500 ribu hanya demi tenda mainan yang nggak bisa dipake camping beneran di alam bebas tentu saja big no no. Wong tenda dome saya saja harganya nggak sampe segitu kok (yaiayalaaah, wong dikado jadinya gratis ahahaha). Tapi beneran deh, daripada buat beli tee-pee tent seharga ratusan ribu mending buat beli tenda dome lagi atau ngelengkapin peralatan outdoor yang belum punya.

Meski niat beli tenda Indian alias tee-pee tent lenyap seketika, niat pengen punya tenda tersebut tetap bercokol di dalam sanubari #tsaaah. Daaaaan, sebagai emak-emak yang smart dan kreatif dan tentu saja selo saya pun kepikiran buat bikin tenda Indian sendiri. Caranya gimana? Gampiiiil, cukup googling aja maka akan muncul banyak tutorial. Mulai dari tenda yang bagus hingga tenda yang ala-ala dengan memanfaatkan bahan seadanya.

Awalnya sih saya pengen bikin yang langsung bagus. Saya berencana beli kain kanvas, terus dijahit, terus kainnya digambarin warna-warni pasti hasilnya kece, but it takes money and time. Padahal niat buat bikini tenda Re udah di ubun-ubun. Akhirnya saya obrak-abrik rumah dan menemukan benda-benda yang memungkinkan untuk digunakan sebagai tenda Indian.

Begitu bahannya terkumpul, sat set sat set nggak sampai 15 menit tenda Indian ala-ala sudah berdiri di sudut rumah. Dan si bocah dengan bahagianya langsung masuk ke dalam nggak keluar-keluar. Mainannya pun dibawa masuk semua. Bocah senang emak pun riang. Si bocah asyik di tenda, emaknya bisa lanjur ngedrakor atau sekrol-sekrol timeline tanpa gangguan muahahahahaha.

Misal ada kawan-kawan yang pengen bikin tenda Indian sederhana buat anak, buat keponakan, atau bahkan buat diri sendiri sini saya kasih tau caranya. Gampil banget kok.

Bahan wajib ada:

  • Penyangga bisa dari besi atau kayu atau bambu jumlahnya 4. Panjangnya sekitar 1,5 – 2 meter. Sebenarnya jumlah boleh suka-suka sih. Saya sendiri kemarin pake kayu peninggalan Nona Cahaya yang dulu dipake ngejemur batik buatannya. Berhubung kayunya hanya ada 3 jadi ya saya pakai 3 penyangga. Pakai tongkat pramuka yang dijual di toko-toko itu juga bisa. Malah lebih simpel. Harganya juga nggak terlalu mahal kan?
  • Selembar kain yang panjang dan lebar. Bisa kain jarik, bisa sprei, bisa bed cover. Saya sih ganti-ganti, tapi yang paling bagus jadinya ya kain batik tulis merah yang gonjreng itu.
  • Tali yang panjaaaaaang. Bisa rafia, bisa tali pramuka, bisa tambang, bisa apapun. Yang penting kuat dan panjang.

Kalau bahan utamanya sudah lengkap bisa langsung cus bikin. Caranya? Semua penyangga ditali jadi satu, pokoknya diikat-ikat-ikat-ikat, uwel-uwel-uwel-uwel. Kalau ikatannya dirasa sudah kuat terus didirikan dengan kaki-kakinya dijembreng (duh bahasaku ahahahaha). Setelah semua penyangga berdiri, kain yang sudah disiapkan dililitkan sampai menutupi semua sisi. Tadaaaa, jadi deh.

IMG_20161202_152645

Ebetewe ini penjelasan saya ngebantu nggak sih? Ahahahahaha. Saya aja bikinnya pake ilmu kira-kira. Tapi dijamin deh, membuat tenda Indian alias tee-pee tent ini gampang banget kok. Dan semenjak punya tee-pee tent ini anak saya jadi hobi sembunyi di dalam tenda sambil memboyong semua mainannya. Lumayan, ruangan jadi nggak terlalu berantakan hehe.

Jadi, adakah yang pernah membuat tenda Indian untuk anak-anak? Atau tertarik untuk membuatnya?

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

6 Responses

  1. hahahaha, ide bagus nih.. aku coba juga ah, biar si kaka anteng.. sbnrnya dia punya tenda, tp bntuknya ga model india gini mba… jd agak menuhin tempat kalo di rumah.. tapi aku blm punya tiang2nya nih.. ntr cari dulu 😀

  2. linasophy says:

    Keceeeee… Kapan2 coba ahhhh

  3. nathan says:

    Lebih gampang lagi kalau bambu nya di buat lubang buat masukin tali, jadi lumayan praktis kalau mau di pake lagi

  4. radit says:

    dulu pas kecil sering banget bkin ginian
    skrg udah gede suka kemping beneran -_-

Sharing yuk!