DIY Painting Jar (in collaboration with Toko Cat Lancar)

P80509-102740

Tumben banget nih Sasha bikin postingan soal DIY. Hayo, mau memperlebar sayap jadi craft blogger? Ahaaaay, ampun Mbak @beyourselwoman, saya nggak berani menggeser kedudukan panjenengan *sungkem sama sesepuh*.

Tapi kalau teman-teman adalah pembaca setia blog ini, mungkin teman-teman bakal ingat bahwa saya sudah beberapa kali posting soal DIY projet. Mulai bikin frame dari karton hingga bikin tee-pee tent untuk anak. Jadi ini bukan postingan perdana soal DIY.

Bukan tanpa alasan jika kali ini saya ngeblog soal DIY project. Jadi ceritanya kemarin (9 Mei, 2018) saya baru saja ikutan workshop jar painting & decoration bareng kawan-kawan blogger Jogja di Ambarukmo Plaza. Acara ini masih dalam satu rangkaian dengan Lancat Paint Expo yang berlangsung dari tanggal 9 – 13 Mei 2018.

P80509-104000

Salah satu alasan utama saya buat ikutan acara ini tentu saja tertarik dengan temanya. Selama ini kan seringnya cuma bisa ngiler kalau lihat foto-foto home decor di IG yang cantik-cantik banget itu. Paling suka kalau sudah lihat wadah warna-warni berderet-deret di dapur atau di meja makan. Kadang wadah-wadah lucu itu juga nyempil cantik di kamar atau ruang kerja sebagai vas bunga hingga tempat pensil dan teman-temannya.

Dari dulu pengen punya wadah-wadah seperti itu, tapi buat beli kok sayang uangnya ahahahah #mamakperhitungan. Makanya waktu tau bahwa Mak Lusi jadi narasumber workshop ini jelas dong saya semangat. Inilah saatnya saya belajar dan berkreasi membuat painting jar. Ternyata, untuk membuat wadah-wadah lucu ini termasuk gampang buos #congkak.

Penasaran apa saja alat yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya? Sila baca postingan ini sampai tuntas, ya!

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat painting jar

P80509-120226(1)

  • Glass jar or plastic jar. Jika ingin melakukan upcycle terhadap benda-benda tak terpakai di rumah, kita bisa juga menggunakan botol bekas atau toples plastik yang harganya murah meriah.
  • Cat warna-warni. Kemarin kami menggunakan cat dari Toko Cat Lancar jenis interior premium. Cat ini berbahan dasar air dan memberikan tampilan doff yang sedang hits di home décor.
  • Kuas cat. Jika ingin membuat lukisan cantik, sebaiknya menyiapkan berbagai ukuran kuas. Tapi kemarin kami hanya memakai satu jenis kuas.
  • Aksesoris untuk mempermanis jar bisa berupa kain burlap, tali rami, pita, kain katun, kancing baju, kain spunbound motif, label, hangtag, dan lain-lain sesuai dengan kreativitas si pembuat.
  • Lem untuk menempel aksesoris.

Cara membuat DIY painting jar

P80509-121859

  • Cuci bersih wadah yang akan kalian cat dan tunggu hingga benar-benar kering.
  • Pilihlah cat yang disukai, kemudian mulailah mengecat. Ada 2 teknik mengecat. Yang pertama teman-teman bisa mengecat dari dalam cengan cara mencampurkan air dan cat, kemudian digoyang-goyang hingga seluruh permukaan bagian dalam tertutupi warna. Sedangkan teknik kedua adalah mengecat dari luar. Caranya cukup tengkurapkan wadah, kemudian dicat seperti biasa. Jika wadah yang dibuat hendak diperuntukkan untuk menyimpan makanan, teknik yang digunakan adalah teknik kedua. Sebab jika kalian mengecat bagian dalam, nantinya wadah tersebut tidak food grade.
  • Proses mengecat ini bisa sekali atau berulang-ulang, sesuai dengan kombinasi warna yang teman-teman inginkan.
  • Jika cat sudah kering, kini saatnya untuk menghias jar. Gunakan benda-benda yang sudah disiapkan dan tempelkan ke wadah. Untuk mencari ide, mungkin kawan-kawan bisa mengintip beberapa contoh jar painting di pinterest maupun instagram.
  • Kini wadah sudah jadi dan siap digunakan sebagai tempat penyimpanan atau digunakan untuk hiasan saat membuat foto produk.

Awalnya saya pikir membuat painting jar itu bakalan rumit dan memerlukan waktu yang lama. Ternyata setelah ikut workshop kemarin, untuk membuat sebuah wadah sederhana tidaklah serumit yang dikira. Mudah dan cepat euy.

Apalagi cat yang saya gunakan kemarin adalah cat interior premium yang mudah kering. Warna yang dihasilkan pun sangat bagus karena efeknya doff. Enaknya lagi, berhubung cat tersebut water based, meskipun menempel di tangan cat mudah dibersihkan. Cukup cuci tangan dengan air maka tangan kembali bersih. Cocok banget buat emak-emak yang nggak suka tangannya bau tiner.

Kalau kawan-kawan adalah sosok yang kreatif sekaligus pintar melukis, pasti membuat painting jar ini bakal jauh lebih mudah. Sebab melukis di jar sama serunya dengan melukis di kertas. Ini hasil karya saya.

P80509-121105(1)

P80509-121428

Niatnya saya sih mau bikin lukisan ilalang dan bunga. Sayang saya salah pilih warna dasar, jadi ilalangnya nggak muncul. Bunga oranyenya juga jadinya absurd ahahahaha. Tapi nggak apa-apa. Sebagai permulaan saya cukup puas dengan hasil karya sendiri.

Betewe kemarin Renjana juga ikutan mengecat lho. Ini hasil karyanya. Sayang saya lupa bawa pulang. Sampai rumah dia nangis nanyain “mana punyaku?”, terus minta dibeliin emaknya cat. Sip, jadi seniman muda berkarya ya, dek! #halah.

P80509-114631

Toko Cat Lancar, One Stop Service All About Paint

Seperti yang sudah saya ceritakan di awal, acara workshop ini merupakan rangkaian dari Lancar Paint Expo yang diadakan oleh Toko Cat Lancar. Selama 5 hari berturut-turut, Toko Cat Lancar mengadakan pameran di Atrium Ambarukmo Plaza. Selain menjual produk, dalam expo ini juga ada banyak kegiatan yang melibatkan komunitas.

Mungkin terdengar agak tidak biasa ya, tapi memang begitulah Toko Cat Lancar. Berbeda dengan toko cat lainnya, toko yang sudah ada di Jogja sejak tahun 1978 ini tidak hanya menjual cat saja, namun juga memiliki beragam inovasi layanan yang akan memudahkan para pelanggan.

Toko Cat Lancar memiliki Lancar Paint Center yang menyediakan 8 jenis layanan mulai dari Lancar Painting Service, Lancar Care, Lancar Home Service, Lancar Delivery, Lancar Easy, Lancar Academy, Lancar Go, hingga Lancar Community. Layanan ini selain bertujuan untuk meningkatkan performa Toko Cat Lancar juga bertujuaan untuk berbagi manfaat bagi masyarakat dalam bidang sosial dan pendidikan. Guyub rukun migunani tumraping liyan.

Nah, kalau kawan-kawan berencana ingin mengecat ulang rumah atau cari-cari cat buat bikin DIY home décor seperti yang baru saja saya buat, bisa lho melipir sejenak ke Ambarukmo Plaza atau langsung ke Toko Cat Lancar. Nanti kawan-kawan bisa konsultasi langsung dengan para ahlinya.

P80509-101558(1)

Gara-gara ikutan lokakarya painting jar ini, saya jadi pengen mainan cat dan berkreasi membuat sesuatu. Enaknya bikin apa ya? Ada ide?

 

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

11 Responses

  1. Gara -gara ikut acara ini aku Jadi lbh bersemangat utk mewarnai dinding hatiku xixixi

  2. Waaah bisa jadi inspirasi buat home work my boy nih, kebetulan kemarin dapat PR libur bulan Ramadhan, kayanya bikin painting jar aja deh ya………

  3. Lusi says:

    Makasih sudah datang ya. Senang bisa memancing jiwa kreatif Bre. Semoga bisa ada waktu bebikinan seperti dengan lebih khidmat, nggak buru2. :))

  4. Wah..sayang, karya Renjana ketinggalan..tapi ga papa..kan tinggal ke toko cat lancar buat beli cat, terus bikin lagi deh…:)

  5. Ayun says:

    Kalo habis ikut acara gini jadi semangat mau bikin-bikin, tapi sehari setelahnya kembali malas. Huahahaha…
    That’s my problem.

  6. Sebelum jadi pekerja agensi kayak sekarang, sebelumnya aku bekerja di produsen cat nasional di Bandung hehe. Toko Lancar ini juga jadi salah satu distributornya 😀

    Mengecat memang asyik, bagus nggak bagus pokoke ngecat terooosss

Sharing yuk!