Mengejar Keindahan Jember, dari Karnaval Busana hingga Indahnya Pantai Papuma

Eh pada nyadar nggak sih kalau ternyata selasa tanggal 11 besok itu tanggal merah? Kalau para pekerja yang sabtu libur bisa dapat libur panjang tuh. Ambil cuti hari senin, maka kalian akan mendapatkan 4 hari libur. 4 hari melakukan perjalanan naik kereta api ke Jawa Timur kayaknya seru ya. Kalau masih bingung hendak berkunjung ke Jawa Timur sebelah mana, sini saya kasih bocoran.

Pernah mendengar nama Kabupaten Jember, nggak? Harusnya sih pernah ya, kan kabupaten ini dikenal banget dengan fashion carnival-nya. Daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi ini ternyata punya segudang atraksi wisata destinasi yang kece lho. Mulai dari pariwisata alam hingga festival kelas dunia yang layak banget untuk dikunjungi.

Berikut adalah daya tarik Kabupaten Jember. Catat dan jadikan agenda untuk liburan besok atau liburan mendatang.

Jember Fashion Carnival

jfc

foto: beritagar.id

Tidak perlu pergi jauh ke Brazil untuk menemukan karnaval yang meriah. Ternyata Jember pun punya agenda karnaval tahunan bernama Jember Fashion Carnival. Acara yang selalu sukses mendulang animo wisatawan ini berupa karnaval busana yang menyerupai fashion show. Pada acara ini para peserta berdandan dengan busana yang sangat unik dan menarik. Perayaan ini biasanya digelar selama empat hari dengan puncaknya di hari terakhir, yaitu Grand Carnival.

Selama beberapa hari, Kabupaten Jember akan semarak dengan ribuan peserta karnaval dan juga masyarakat yang menontonnya. Para peserta karnaval akan dibagi menjadi 10 defile, yang masing-masing mengambarkan tren busana yang dibawakan. Misalnya defile pertama bernama Archipelago yang mengangkat tema busana nasional khas Indonesia. Diikuti dengan defile-defile berikutnya yang biasanya mengikuti tren masyarakat saat ini. Para peserta akan menampilkan busana terbaiknya karena JFC bukan hanya sekadar karnaval, tapi juga kompetisi para desainer busana Indonesia.

Gelaran JCF ini dilangsungkan di pusat kota Jember. Cara terbaik untuk mencapai tempat ini adalah naik kereta, apalagi Stasiun Jember lokasinya juga sangat dekat dengan tempat di mana karnaval berlangsung. Cara mudah beli tiket KAI Indonesia adalah dengan booking online sehingga kamu bisa mendapatkan tiket kereta dimana saja dan kapanpun kamu mau.

Pantai Papuma

WhatsApp Image 2018-09-06 at 19.22.10

foto: Mas @papanpelangi

Salah satu alasan kenapa harus segera booking tiket KAI Indonesia menuju Jember adalah Pantai Papuma. Sama seperti pantai-pantai indah lainnya di Indonesia, Papuma memiliki pasir pantai yang putih. Keistimewaan dari pantai ini adalah jajaran bebatuan besar yang berdiri kokoh di ujung pantai, seakan melindungimu dari derasnya ombak Samudera Indonesia. Luangkan waktu khusus untuk pergi ke Pantai Papuma mengingat jaraknya yang lumayan jauh dari Jember, sekitar 45 kilometer. Kalau ingin lebih lama menikmati pantai Papuma, sudah tersedia akomodasi berupa penginapan dengan tarif yang terjangkau.

Teluk Cinta Pantai Payangan

teluk cinta

foto: lokalkarya.com

Disebut Teluk Cinta Pantai Payangan bukan hanya karena keindahannya yang luar biasa. Salah satu sudut di Pantai Payangan ini juga menyimpan romantisme yang luar biasa dan bisa kamu temukan ketika waktu matahari terbenam tiba. Pemandangan pantai dan sang surya yang perlahan tenggelam, dipadu dengan perahu-perahu nelayan yang pulang dari lautan, bakal membuat sore harimu di Teluk Cinta Pantai Payangan tidak akan pernah bisa dilupakan.

Kebun Teh Gunung Gambir

kebun teh

foto:@deskitatiwi

Tidak rugi susah payah hunting tiket KAI Indonesia karena Jember ternyata juga punya kebun teh, lho. Lokasinya juga sangat adem karena berada di lereng Gunung Argopuro dan terletak di ketinggian sekitar 600 sampai 1.000 mdpl. Sebuah tempat yang sangat sejuk untuk melarikan diri dari gerahnya kota. Selain fasilitas penginapan, tersedia juga kolam renang, lapangan tenis, serta jogging track.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu penasaran dengan keindahan Jember? Kalau jawabannya iya, segera booking tiket kereta api untuk perjalanan menuju Jember, Jawa Timur. Selamat berlibur! Selamat bersenang-senang!

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

5 Responses

  1. Aqied says:

    dari semua itu aku baru pernah ke Papuma Watu Ulo doank mba. jd menyesal dulu di Jawa Timur gak banyak eksplor

  2. Kalau ke Jember, aku malah tertarik ke air terjunnya. Nggak tau ada apa enggak sih, tapi feelingku Jember punya air terjun juga hahaha~

  3. Habis ke Jember, lanjut Banyuwangi 😍

  4. Baktiar says:

    Itu pantai Papuma sama Jember Carnival yang belum kena waktunya sampe sekarang.. btw kalau lagi Jember Carvinal kira2 penuh gak disana mbak? Takutnya hotel pada melonjak semua harganya

Sharing yuk!