Welcome Home Meizu M5

When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it (Paulo Coelho)

IMG-20170804-WA0028(1)-01

Kalian percaya dengan yang namanya kebetulan? Saya sih enggak. Saya lebih memilih untuk percaya bahwa semua hal yang terjadi di alam semesta ini pasti ada untuk satu rencana, ada hukum sebab akibat.

Seperti yang terjadi belum lama ini. Jadi beberapa bulan terakhir saya emang sering ngeluh kalo smartphone lama saya sudah mulai turun performanya. Pengen ganti ponsel baru yang bisa menunjang aktivitas, baik buat kerja maupun sekadar haha hihi di WAG. Tapi kok selalu saja ada keperluan mendadak sehingga duit harus dialokasikan ke tempat lain.

Akhirnya ada satu momen di mana smartphone saya diotak-atik sama Renjana dan mati. Yess! Akhirnya ada alasan buat ganti hape nih. Etapi lagi-lagi kudu gigit jari. Resiko punya suami yang pintar ngebenerin apa-apa, ponsel yang udah mati di tangannya jadi hidup lagi. Hvft! Seneng-seneng sebel sih. Senengnya hape bisa nyala lagi dan semua data terselamatkan, sebelnya karena gajadi ganti hape baru.

Tapi mungkin Tuhan tahu kalau saya sudah perlu gadget baru untuk mendukung kerjaan, makanya saya dikasih smartphone baru dengan cara yang enggak pernah saya duga. Rupanya saya menjadi orang yang beruntung karena bakalan dikasih smartphone baru sama Meizu.

“Hah Meizu? Kok baru tau nama itu ya?”

Itu reaksi kedua saya setelah respon pertama bahagia bakal dapat smartphone baru. Jujur ini baru pertama kali saya tahu ada brand Meizu. Saya pikir ini brand baru. Ternyata sayanya yang nggak update. Kawan saya rupanya sudah ada yang pake Meizu M3 sejak tahun lalu dan mengaku performanya cukup memuaskan.

Akhirnya saya stalking official account IG mereka deh biar dapat gambaran ponselnya seperti apa. Dari hasil intip-intip akhirnya saya tahu beberapa hal menarik dari Meizu M5 yang bakalan jadi milik saya.

  1. Desain trendi dengan warna-warna cantik

Buat mamak-mamak macam saya yang nggak gitu paham soal perhapean ((PERHAPEAN)), alasan utama saat jatuh cinta sama gadget adalah tampilannya. Sebelum ngomongin soal spek, desain dan tampilan smartphone adalah hal penting yang wajib dibahas.

Desain body Meizu M5 ini minimalis tapi classy. Layar hitam pekat berukuran 5.2 inc memiliki pinggiran melengkung 2,5 D full glass laminasi sehingga memberikan kesan premium. Tombol mtouch hanya ada 1 di bawah layar dengan 3 fungsi sekaligus: back (sentuh), home (klik), dan sebagai fingerprint.

Untuk semakin mempercantik penampilan, Meizu M5 hadir dalam berbagai pilihan warna, yakni Mint Green, Glacier White, Champagne Gold, Sapphire Blue, dan Matte Black. Jadi mamak-mamak tetep bisa tampil stylish sesuai dengan warna kesukaan masing-masing.

  1. Fitur kamera yang lengkap

Meizu M5 memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk ukuran smartphone dikelasnya enggak kalah bersaing lah. Fitur bawaan pada kameranya pun cukup lengkap. Khusus buat buibu yang males touch up tapi pengen hasil fotonya maksimal, Meizu M5 dilengkapi dengan fitur beauty baik di kamera depan maupun belakang. Jadi meski tampang asli lusuh, kalau pakai fitur ini bisa tetep kelihatan kinclong. Buibu gak perlu pake aplikasi edit-edit foto yang bejibun, cukup optimalkan fitur ini maka terciptalah foto selfie nan cetar. Selain itu, fokus kamera Meizu M5 tergolong cukup cepat dan tidak mudah meleset. Kita juga bisa bereksplorasi dengan pengaturan manual, mencoba light painting, slow motion, dll.

gambar tajam

gambar tajam

fitur makro

fitur makro

zoom maksimal

zoom maksimal

pisang

  1. Spesifikasi yang mumpuni

Saya mamak-mamak yang nggak paham istilah teknis. Makanya saya nggak bisa ngejembrengin spesifikasinya Meizu M5 dengan bahasa mamak-mamak. Tapi bolehlah saya kasih bocoran dari official accountnya aja ya. Jadi Meizu M5 ditenagai oleh processor 8 inti kepala dari Mediatek dengan kecepatan 1,5 GHz yang dipadukan dengan kartu grafis Mali-T8620MP2. Meizu M5 memiliki kapasitas RAM 2GB, internal ROM 16 GB, dan non-removable baterai 3070mAh.

 

Review Simbok Setelah Sebulan Memakai Meizu M5

Saat pertama membuka bungkusan yang dikirim mas-mas paket saya girang. Box Meizu M5 sangat simpel, berupa kotak putih polos dengan tulisan M5 berwarna biru di bagian atas, serta tulisan Meizu berwarna silver di sisi kanan dan kiri. Sederhana, enggak norak. Boxnya sendiri berisi device, kabel data, charger, buku panduan, serta sim ejector. Saya makin happy saat tau warna yang saya dapatkan adalah blue sapphire. Yuhuuu, biru itu salah satu warna favorit saya.

Meizu ini ukurannya pas, enggak kegedean, enggak kekecilan, enggak terasa berat juga. Pokoknya nyaman banget buat digenggam lama-lama, enggak kaya mas mantan *eh gimana, gimana?* Cuma kalau untuk dikantongi di jeans emang enggak nyaman. Lagian sekarang udah gak zaman ya ngantongin smartphone di celana. Mending masukin di tas, lebih aman.

Dari tampilan visual kini kita lanjut ke performa. Meizu M5 ini bener-bener memahami jiwa mamak yang multitasking. Dengan smartphone ini saya bisa mudah ganti-ganti kerjaan mulai dari nulis artikel, googling data, edit foto, ngecek sosmed, dengerin musik, dan sesekali ngegame. Fitur multitask Meizu M5 ini lancar jaya dan enggak gampang hang. Mata saya juga enggak gampang lelah walau mantengin ponsel dalam durasi lama, soalnya smartphone ini disisipi blue light filter. Sekrol timeline malam-malam saat bocah sudah tidur pun jadi makin betah.

Diajak jalan-jalan pun Meizu M5 enggak malu-maluin. Kamera smartphone ini lumayan bisa diandalkan untuk mengabadikan momen. Saya sudah coba ngajakin si biru ini jalan-jalan ke gunung, melipir ke candi, lihat lampion malam-malam di Batoer Hill Resort, sampai buat selfie norak sama bocah, dan hasilnya lumayan. Enggak malu-maluin. Saya belum coba semua fiturnya sih, macam low painting gitu. Besok deh bikin kalo sempat.

coba fitur panorama

coba fitur panorama

numpang narsis aja sih

numpang narsis aja sih

Overall saya cukup puas dengan Meizu M5. Selama sebulan pemakaian tidak pernah ada keluhan. Yang jadi masalah sih paling body belakangnya yang terbuat dari bahan polycarbonate sehingga jejak tangan atau minyak mudah membekas. Tapi rasanya ini masih bisa dimaafkanlah. FYI, Meizu M5 ini sudah lolos TKDN lho. Jadi ada garansi resminya, enggak kucing-kucingan lagi.

Kalau sudah direstui gini, kamu makin minat buat meminangnya enggak? #eh

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

13 Responses

  1. Pernah pakai semua merk gawai kecuali Meizu ini. Iklannya nggak terlalu jor2an juga jd jarang lihat temen yg pakai. Tp justru malah penasaran sm gawai ini.

  2. Wah bisa foto bokeh juga ya. Kece!
    Aku juga begitu mbak, gak ganti barang kecuali udah rusak bener. Ini hape yang aku pakai sekarang jg udah ngapngapan. Pernah seharian mati total dan dipikir itulah saatnya ganti hape muahahaha tapi ternyata nyala lagi. Persis, antara seneng dan sebel gagal ganti hape.

    Aku baru tahu Meizu dari postingan ini. Suka modelnya yang simpel dan trendy.

    • Ahahahaha, tos dulu ah. Padahal si kalo dipikir mau beli ya tinggal beli aja ya. Tapi kita emang orangnya tipe sayangan (SAYANGAN) ahahaha

      Fotonya lumayan lah, kalo pinter yg motret mungkin bisa dapat hasil yg lebih bagus, mas.

      Yupz, modelnya emang kece. Jadi meski entry level tetep pede nentengnya lah :)

  3. Aqied says:

    Hihihi aku jd inget di tengah kegaptekan ku juga sok sok an bikin review pengalaman pake hp yg skrg aku punya. Etapi mayan juga yak ada beauty di kamera depan dan belakang. Selfie paripurna

    • gapapa lah ya, daripada bikin review yg sok sophisticated tapi yang nulis sama yang baca pada nggak paham. mending curhat mamak aja deh.

      iya ni selfienya makin paripurna. tapi daku gasuka selfie sih, jadi jarang dipake.

  4. Dwi Susanti says:

    Epilognya ahzeg :))

    Justru review ala begini lebih masyuk menurutku mbak. Bisa dipahami pelan-pelan, sesuai pengalaman apa yang udah dialami si empunya. Kameranya apik oke bangett, pas buah arbei itu joss 😀

    Eh batrenya meskipun non-removable tapi awet nggak mbak?

    • iya ni kameranya lumayan lah, bisa buat poto2 lucu dibanding hp yang lama.

      berhubung buat ngegame terus sama bRe jadi itungannya gak terlalu awet sih. untungnya bisa fast charging

  5. Asyik hp baru. Sekalian diinstalin banyak game, biar bRe menjajah kepemilikan HP sekarang hahahahah

  6. Idah Ceris says:

    Internalnya gede juga ya, Mbak. Aku belum pernah nyobain Meizu. Jadi pingiin. 😀

  7. panoramanya alus yak, tapi untuk zoom, apakah kameranya dilengkapi lensa zoom atau hanya croping?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *