Mamak Gaptek Ngereview Meizu M5c

Heyho, kawan-kawan semua. Apa kabar?

Sabtu kemarin ada yang nonton malam penganugerahan FFI nggak? Hiks saya sedih, film jagoan saya Negeri Dongeng gagal bawa pulang piala kategori film dokumenter panjang. Kaget juga saat tau yang menang Bulu Mata, soalnya prediksi saya kalau enggak Negeri Dongeng ya Banda. Saya jadi penasaran pengen nonton Bulu Mata, dan tentu saja nonton Night Bus. Btw, Desember besok Night Bus diputer di JAFF lho, kali aja ada yang mau  merapat ke Jogja buat nonton.

Udah ah pembukaannya segitu aja. Sekarang saya mau cerita yang lain.

Jadiiiii, kawan-kawan masih pada ingat enggak cerita saya yang lagi pengen punya hape baru terus tiba-tiba dikirimi Meizu M5? Kalau yang belum tau ceritanya, mungkin bisa baca postingan saya dulu.

[read: Welcome Home Meizu M5]

meizu-m5c(1)

Nah, tanpa disangka tanpa dinyana, awal Desember lalu lagi-lagi saya dikirimi hape baru sama Meizu Indonesia. Kali ini beda tipe lagi, yakni Meizu M5c, semacam adiknya Meizu M5 gitu. Jelas saya bahagia banget. Ini semacam kado ulangtahun yang datang seminggu lebih cepat. Memang ya, rejeki datang bisa kapan aja tanpa pernah kita tau.

Dan sama seperti kakaknya si Meizu M5 dongs, meski harganya lebih miring, Meizu M5c ini performanya juwarak, kameranya cihuy, dan tampilannya juga nggak malu-maluin. Pokoknya kalau budget kalian terbatas tapi pengen nenteng smartphone canggih dan multiguna, Meizu M5c ini bisa jadi pilihan.

Sesuai dengan peribahasa “tak kenal maka kenalan tak sayang”, kali ini saya mau ngajak kawan-kawan kenalan sama Meizu M5c. Dari kenalan siapa tau nanti jadi sayang, terus pengen meminang *eh gimana gimana?

  • Meizu M5c itu good looking

Apa yang bisa bikin cinta datang pada pandangan pertama? Buat saya sih tampilannya. Masa iya pada tatapan pertama yang dilihat itu otak apa hatinya? Emang cenayang? Jelas wajah dulu dong yang dilihat. Dan pas banget nih, tampilan Meizu M5c ini good looking, bikin jatuh cinta pada pandangan pertama.

Tampilan Meizu M5c hampir sama dengan Meizu M5. Minimalis tapi classy. Layarnya hitam pekat berukuran 5.0 inch dengan sudut-sudut melengkung. Bagian belakangnya terbuat dari bahan polycarbonate laminasi doff.

Salah satu ciri khas dari device yang dirilis Meizu adalah navigasinya yang minimalis. Pada Meizu M5c ini hanya ada satu tombol mtouh di bawah layar. Tombol navigasi ini berfungsi untuk back (sentuh) dan kembali ke home (tekan). Sayangnya pada Meizu M5c ini tombol navigasi tidak bisa berfungsi sebagai fingerprint atau pemindai sidik jari seperti pada Meizu M5.

Fyi, huruf c di belakang M5 itu ternyata artinya colours. Karena itu Meizu M5c ini memiliki banyak pilihan warna, yaitu; hitam, emas, biru, merah, dan pink. Ah cucok meong buat mak-mak macam saya ini. Sudah bentuknya elegan, warananya juga mewah. Jadi nggak malu-maluin buat ditenteng kemana-mana.

P71111-104148(1)

  • Meizu M5c itu bisa jadi teman jalan yang seru

Untuk generasi milenials yang apa-apa serba diunggah di sosial media, Meizu M5c ini bakal jadi teman jalan yang seru. Baterai kapasitas 3000 mAh akan membuat ponsel ini awet meski dipakai seharian. Bisa buat chatting tanpa henti atau sekrol-sekrol feeds mantan. Buat update social media dan upload poto di instagram juga seru.

Nah ngomongin soal poto nih, tentu saja Meizu M5c memiliki kamera yang bagus. Untuk kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8MP. Kamera belakangnya kalah jauh sih sama si kakak yang 13MP. Tapi fitur bawaan kamera Meizu M5c ini asyik lho. Untuk ukuran entry level, kamera belakang ponsel ini bisa diatur menggunakan mode pro supaya hasilnya lebih bagus.

hasil kamera depan

hasil kamera belakang

Kamera Meizu M5c dilengkapi fitur timelapse. Jadi kalau mau bikin video timelapse bisa langsung pake kamera bawaan hape tanpa perlu mengunduh aplikasi lain yang tentunya akan memakan tempat. Sedangkan untuk mode auto, ada 11 filter bawaan yang bisa dipilih untuk mendapatkan hasil terbaik.

Gimana kalau buat selfie?

Psssst, sini mamak bisikin, gara-gara Meizu M5c ini daku jadi suka selfie ahahahaha. Walau Cuma 5MP, tapi hasilnya bening euy. Muka mamak jadi terlihat kinclong. Ternyata gak harus hape mahal buat bikin wajah bening merona.

Aaaaak aku jadi kinclong

Aaaaak aku jadi kinclong

abis selfie lanjut groufie

abis selfie lanjut groufieP

Berhubung sudah mamak-mamak, kan sering tuh daku jalan sambil bawa bocah. Saat bocah sudah mulai cranky, sodorin aja Meizunya ke dia buat ngegame. Oya, selain ngagame, Renjana itu suka otak-atik dan buka-buka program yang ada di hp. Pernah ada kejadian dia kirim foto-foto gajelas ke kontak wasap. Pernah juga dia uninstall instagram. Kan daku jadi repot. Nah untungnya, di Meizu ini ada pengaturan buat anak. Jadi saat hape disodorin ke bocah, tinggal ganti pengaturan aja. Semuanya dijamin aman.

Terus berhubung Mas Chandra suka ngegame, dia install Mobile Legend. Duh saya sih nggak paham gimana mainnya, wong mentok ngegamenya cuma zuma sama plant vs zombie. Kata Mas Chan, hapenya asyik buat ngegame dan enggak gampang ngelag (ngelag? ngelak? haus? ah embuhlah).

meizu-m5c-game

  • Meizu M5c itu ramah di dompet

Buat mamak-mamak yang pengen tampil gaya tapi duit mepet karena selalu habis buat belanja ini itu, si Meizu M5c ini cocok banget deh. Sebagai smartphone entry level, harganya berada pada kisaran 1 jutaan. Jadi sisa duitnya kan bisa ditabung buat beli gincu sama pensil alis baru yekan? Lagian kalau enggak ngasih hestek di instagram, orang biasa juga enggak ngeh mana selfie dari hp sejutaan apa dari hape empatjutaan. Ahahahahahahahaha.

Terus misalnya tanpa sengaja hape kelindes sepeda roda tiga bocah, apa ketumpahan susu, apa dicemplungin ke mesin cuci (ini sih cerita kawan saya), kita sedihnya enggak banget-banget. Ah cuma sejutaan aja, besok beli lagi lima (tsaaaaaah, horang kaya). Setidaknya meski sedih tetep levelnya lebih sedih kalau yang rusak hape juta-jutaan itu.   

Kesimpulan mamak

Duh ini blogpost apa skripsi sih pake kesimpulan segala? Ahahahaha. Tapi nggak papa. Jadi sebelum daku menutup postingan ini, ada beberapa hal yang mau aku highlight dari si Meizu M5c. Hal-hal apa yang menurut mamak kece dan mana yang agak perlu dibenahi.

Kelebihan Meizu M5c

  • Desain minimalis dan elegan
  • Smarttouch buttonnya berguna banget dan bikin enggak ribet
  • Meski hanya 8MP tapi kualitas gambar yang dihasilkan kece
  • Ada mode pengaturan pro dan timelapse di kamera
  • Baterainya awet

Kekurangan Meizu M5c

  • Tidak dilengkapi sensor sidik jari (fingerprint)
  • Soundnya biasa
  • Kualitas kamera saat buat zoom in harusnya bisa jauh lebih baik

So gimana nih manteman? Udah kenalan kan sama si cantik Meizu M5c? Kalau pengen tau lebih banyak soal dia bisa langsung meluncur ke www.meizu.com/id. Di situ ada ulasan lengkap soal spek dan semua-muanya dengan bahasa teknis. Ebetewe yang penasaran sama Meizu bisa juga lho intip-intip sosmednya IG @meizuindonesia dan FB @meizuidofficial.

Anakonda kejatuhan kelapa,
Sampai jumpa di review mamak gaptek selanjutnyaaaa!

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

15 Responses

  1. Maya says:

    Ketemu biawak makan duren,
    Duh mamak jaman now memang kereeen.

    Dakuh pikir, judulnya bakal “unboxing” mbak, ternyata out of my mind 😹

    • Cakeeeeppp

      Ahahahaha, kalo pake kata unboxing ntar dikiranya mau bikin review yang keren dan sophisticated, May. Terus nanti pada kecewa, karena ternyata reviewnya gini doang 😆

  2. Meizu itu emang android yang cukup bagus dan bandel kak…

  3. Slamsr says:

    wah wah. mamak mamak brand ambasadornya meizu nih.
    Kirim sini, dong. jadi bisa ikutan ngreview

  4. waktu hpku terendam air laut pas tahun 2016 lalu , daku sempat kepikiran buat beli Hp Meizu ini mbak, cuma reviewnya kok jarang bgt ya.

    Eh kok skrg sudah mulai banyak. Ku jadi penasaran beneran dg performa hp ini, krn harganya yg murah, apa iya ttp oke ?

    Jadi pengen nyoba punya kapan² 😬

  5. Deddy Huang says:

    yang aku suka dari meizu ini UI nya yang enteng.. ah jadi pengen review juga.

  6. Aqied says:

    Aku taunya mizzu itu eye liner sepidol, mbaa wkwkwkwk.
    Berarti Meizu ini bisa siatur pake Users kaya di windows gitu kah maksudnya?

  7. agi pranoto says:

    ayo mba main mobile legends juga! *salah fokus*
    harganya terjangkau banget yaaa liat reviewnya juga jadi ngiler pengen beli… wah gawat nih, hehehehe

Sharing yuk!