Mau Piknik Bareng Pasangan? Berikut 5 Tempat Wisata Romantis di Jogja Versi RanselHitam

Jogja itu terbuat dari rindu pulang dan angkringan

Yang sepakat dengan kata-kata Joko Pinurbo tersebut angkat tangan! Entah kenapa ya ngomongin Jogja itu selalu bermuara pada kenangan. Kota satu ini memang selalu berhasil memikat orang-orang yang singgah ke sini. Mereka pun merangkai cerita di tiap sudutnya. Ada yang berakhir bahagia, banyak juga yang berujung air mata. Kalian termasuk tim mana?

Berhubung Februari identik dengan hari kasih sayang, maka saya nggak mau ngomongin yang duka-duka dan penuh airmata. Kali ini saya pengen ngobrolin yang seru-seru aja, yang romatis-romantis, ahaaaay. Misalnya tempat wisata di Jogja yang romantis.

Sebenarnya parameter romantis masing-masing orang tu beda-beda ya, yang romantis buat saya belum tentu romantis buat klean. Ada juga yang bilang selama datangnya bareng pasangan, tempat seperti apa pun bakalan jadi romantis. Tapi meski tempatnya bagus banget, kalau datang sendirian apalagi abis ditinggal nikah mantan kayaknya nggak ada romantisnya blas ya. Ngenes buos ahahahaha.

Tapi karena ini blog saya, tentu saja parameter yang digunakan adalah parameter saya. Dan inilah deretan tempat wisata di jogja yang romantis versi suka-suka, nomer 271 dijamin membuat Anda terkejoed! *halah

Pantai Parangtritis

parangtritis

Sudahlah, sekeren apa pun pantai-pantai di Gunungkidul nggak akan ada yang bisa mengalahkan romantisnya Parangtritis kala senja. Selain memang pernah menikmati senja berdua bersama pacar yang sekarang jadi suami di Bukit Paralayang Parangtritis #uhuk, senja di pantai ini emang benar-benar cihuy.

Selepas siang yang terik dan bikin kulit gosong, jelang senja langit Parangtritis langsung berubah rupa. Biasanya dia menjelma ungu, pink, jingga, merah saga, hingga kuning keemasan yang sangat cerlang. Dan itu adalah saat terbaik untuk duduk beralaskan pasir, berdua, ngobrolin apa saja. Bahkan cuma duduk diam pun sudah terasa romantis dan magisnya. Duh kaaan, saya jadi kangen nyunset di Parangtritis. Kalian sudah pernah belum?

Bukit Bintang

bukit bintang

Kalau kalian menganggap duduk berdua sambil menyesap minuman hangat dan menatap taburan lampu kota dari ketinggian adalah hal yang romantis, maka kalian wajib datang ke Bukit Bintang di kawasan Patuk. Dari tempat ini kita bisa melihat kota Jogja secara keseluruhan. Bahkan saat langit cerah, Siluet Merapi pun bisa terlihat.

Lokasi Bukit Bintang tepat di tepi jalan raya yang menghubungkan Jogja dan Gunungkidul. Jelang senja, kawasan ini biasanya berubah ramai. Dulunya sih di Bukit Bintang hanya ada kursi beton buat duduk-duduk aja, sekarang tempat ini sudah dipenuhi warung-warung yang bisa dijadikan tempat nongkrong. Kalau merasa Bukit Bintang terlalu ramai, kalian bisa naik sedikit sampai perempatan Patuk, lalu belok kanan ke arah Dlingo. Di situ ada banyak spot-spot kece buat nongkrong. Tempatnya lebih tenang dan lebih sepi.

Candi Plaosan

P70902-175012(1)

Sebelum kalian protes “romantisnya Plaosan itu ada di sebelah mananya?” heeeeey, sini-sini duduk dulu biar saya ceritain kisah nabi-naih, eh bukan ding. Plaosan itu romantis karena ada kisah cihuy yang melatarbelakangi proses pembuatan candi kembar tersebut.

Sejarah menyebutkan bahwa Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan dan dihadiahkan kepada permaisurinya, Pramodyawardhana. Berhubung Rakai Pikatan merupakan pemeluk Hindu, maka dia memberikan candi ini sebagai tempat peribadatan istrinya yang beragama Budha. Duh jan, romatis banget kan? Cinta yang mampu menyatukan perbedaan.

Kalau tujuannya buat motret fasad candi, tempat ini asyik didatangi kala fajar, saat selubung kabut tipis masih menari-nari dan belum pudar. Tapi jika ingin mengeksplor kompleks candi, datangnya di saat sore. Tempatnya lumayan teduh dan luas.

Baca: Cerita Cinta dan Sunset Candi Plaosan

Hutan Pinus Pengger

Reresik Jagat

Terletak di perbukitan Dlingo, Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu alternatif tempat liburan seru bareng pasangan. Anda bisa menikmati semilir angin di bawah batang-batang pinus yang menjulang tinggi. Tempat ini dilengkapi dengan banyak kursi kayu maupun gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat duduk dan bercengkerama. Kalau ingin bersantai di hammock, Anda juga bisa melakukannya sebab ada tempat sewa hammock.

Jika menginginkan suasana yang romantis, datanglah ke Pengger jelang senja. Anda bisa menikmati langit senja dan kerlip lampu kota yang menyala satu persatu. Tak hanya itu, Anda juga bisa berpose di berbagai instalasi seni yang sangat ciamik. Ada jalinan ranting yang menyerupai tangan raksasa yang menghadap ke lembah. Instalasi berukuran besar ini tidak hanya ada satu macam lho, tapi banyak.

Baca: Ranting-Ranting yang Berkisah di Hutan Pinus Pengger

Jelajah Sawah Pertanian Bowongan Songgo Langit

sumber https://www.instagram.com/desem/

Menyaksikan hamparan sawah hijau ditemani angin sepoi-sepoi selalu berhasil melepaskan segala rasa penat. Meski lahir dan tingga di desa, saya tak pernah bosan melihat hamparan sawah yang menghijau. Dan di Jogja ada wisata menyenangkan di tengah sawah lho. Tempat ini namanya JSPB Songgo langit yang ada di Dusun Sukorame, Mangunan, Bantul. Orang-orang sendiri banyak yang menyebut dengan nama Wisata Sawah Sukorame.

Sebenarnya sawah ini tidak berbeda dengan sawah-sawah pada umumnya. Yang menjadikannya spesial adalah keberadaan jembatan bambu panjang yang dibangun di tengah-tengah sawah. Jembatan bambu ini dibangun berliku dan memang ditujuan untuk wisatawan. Anda pun bisa berjalan menyusuri jembatan bersama orang terkasih. Btw untuk foto prewed cihuy lho.

Selain temat-tempat tersebut, sebenarnya masih banyak banget sih destinasi wisata romantis di Jogja. Kapan-kapan ditulis lagi deh. Oya, kalau menurut teman-teman sendiri dari ke-5 tempat ini yang paling berkesan mana? Atau justru punya pandangan lain? Bagi di kolom komen dong!

 

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

18 Responses

  1. yustrini says:

    Semua tempat yang disebutkan tadi bagus-bagus dan yang paling berkesan adalah Candi Plaosan. Songgo Langit juga bagus tuh, wisata menjelajahi sawah :)

  2. Ety Abdoel says:

    Aku kepengen ke bukit bintang saat malam mba. Tentunya bareng suami. Kek nya bakal romantis ya.

  3. Ampun, ke candi plaosan aja aku belum pernah. Ckckck. Jadi pingin menyusuri sawah di Songgo Langit juga nih

  4. Candi Plaosan sing paling penasaran wkwk

  5. Waduhhhh baru nomor 1 dan 2 yang Saya kunjungi. Yang lain belum pernahhh.. Makasih sharingnya ya mbaaa..

  6. Yuupppsss, aku setuju pantai parangtritis selalu romantis (Tapi belom pernah pacaran di sana sih. Ukh, hahaha..). Tapi aku nggak nyangka ternyata sawah songgo langit masuk di list-nya mbak sasa lho… gara-gara kamu aku jadi pengen ke sana nih…

  7. Kalo aku sederhana saja, di kosan. *eh

  8. Ayun says:

    Parangtritis dan Bukit Bintang, Hmm… I can relate. Hahaha… tapi sekarang tinggal kenangan. *curcol

  9. Sulis says:

    Jelajah sawah…sore2 gitu kayaknya asyik banget…

  10. Lina Sophy says:

    Aku sebenarnya ya kepengen wisata romantis2an gitu, tapi abahnya uton lebih demen wisata rohani gitu deh ahahaha malah curcol. Btw yang sawah itu bagus bangettttttt mau tuh kesana suatu hari nanti 😁

Sharing yuk!