Zona Kebaikan Air Taman Pintar, Ruang Belajar Tentang Seluk Beluk Air dan Bijak Berplastik

taman pintar

Sekitar satu dasawarsa yang lalu saya pernah bekerja di Taman Pintar. Kala itu saya menjadi pemandu part time, bahkan sesekali menjadi juru dongeng di panggung batu saat minggu pagi. Saya juga menjadi bagian dari peresmian Taman Pintar yang dilakukan oleh Presiden SBY kala itu. Saya mendampingi siswa yang sempat diajak ngobrol bapak presiden. Sayang fotonya cuma kelihatan punggung.

Bertahun-tahun kemudian, saat saya menikah dan memiliki anak, saya masih sering berkunjung ke Taman Pintar. Kali ini tentu saja tujuannya mengajak bocah bermain dan belajar. Sebagai satu-satunya fun and science park di Yogyakarta, Taman Pintar memang menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi anak-anak, baik usia balita hingga sekolah.

Tempat ini terbagi menjadi dua bagian utama, yakni indoor dan outdoor playground. Untuk masuk ke area outdoor, pengunjung tidak perlu membayar tiket. Cukup datang saja dan bisa bermain sepuasnya di area permainan yang ada. Di outdoor playground ini ada permainan lorong berbisik, dinding berbunyi, jungkat-jungkit, rumah pohon, panggung batu, taman menari, dan masih banyak lainnya.

Tiket masuk baru diberlakukan di area indoor. Untuk tiap-tiap gedung harga tiketnya berbeda. Gedung oval kotak, gedung paud barat, paud timur, atau zona membatik dan melukis gerabah. Selain itu ada satu zona lagi yakni perpustakaan yang koleksi bukunya cukup melimpah.

trex taman pintar

Di gedung oval dan kotak sendiri ada banyak zona yang menarik. Di tiap-tiap zona, ada permainan ataupun ruang edukasi yang memberikan informasi tentang bermacam ilmu pengetahuan, mulai dari hukum fisika, biologi, sejarah, teknologi, dll. Zona-zona ini juga kerap mengalami pembaharuan supaya pengunjung tidak bosan. Salah satu yang baru saja diperbaharui adalah Zona Kebaikan Air.

Awal tahun lalu, saat saya berkunjung ke Taman Pintar sambil membawa 2 balita, zona ini masih bernama Zona Air untuk Kebaikan Hidup. Di zona tersebut anak-anak bisa belajar tentang roket air, water diorama, eksperimen air dan udara, kalkulator hidarasi, dan masih banyak lagi.

Namun, pada senin 8 April 2019 lalu, Taman Pintar bekerjasama dengan Danone-AQUA melakukan pembaharuan zona dan peresmian kembali zona yang kini diberi nama Zona Kebaikan Air.

Apa Saja Isi Zona Kebaikan Air?

Meski Taman Pintar merupakan tempat wisata yang ditujukan untuk anak-anak, informasi yang disajikan sangatlah beragam dan bisa memperkaya pengetahuan siapa pun yang datang berkunjung. Misalnya di Zona Kebaikan Air ini.

tman pintar

Di zona ini pengunjung akan menemukan panel-panel edukasi yang dibuat menarik dan interaktif. Saat pertama memasuki zona, pengunjung serasa memasuki labirin mini berwarna biru yang digambarkan sebagai lapisan air dan tanah. Bagian ini disebut sebagai area edukasi PIJAR (Pilih, Jaga, dan Rawat).

Informasi yang bisa didapatkan dari area ini adalah tentang bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air. Kemudian ada area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam, area edukasi sumber air, area gerakan AMIR (Ayo Minum Air), edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola sampah plastik secara bijak.

Saat di area edukasi lapisan tanah. pengunjung bisa bermain pin magnet. Jadi ada semacam labirin di dinding yang memiliki area start dan finish. Berbekal pin magnet, pengunjung harus mengangkat bulatan dari titik awal dan mencari jalan keluar ke titik akhir. Bagi orang dewasa seperti saya saja permainan ini cukup mengasah kesabaran dan ketekunan, apalagi bagi anak-anak.

permainan

Anak-anak yang gemar bergerak pasti akan senang saat berada di area gerakan AMIR. Di sini ada satu layar besar yang menampilkan ikon AMIR sedang menarikan tarian AMIR yang intinya mengajak orang-orang supaya tak lupa minum air putih dengan cukup. Gerakan yang mudah dipahami dengan iringan lagu yang mudah dihapalkan. Zona ini merupakan kerjasama dari IHWG-FKUI, Perhimpunan RS Seluruh Indonesia dan Kementerian Kesehatan untuk membantu anak-anak mempelajari pentingnya minum air.

Sedangkan bagian yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan menurut saya adalah area edukasi #BijakBerplastik. Di tengah gencarnya gerakan #stopsedotanplastik dan langkah-langkah mengurangi pemakaian plastik, area edukasi ini bisa menjadi langkah kecil untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk mengelola plastik secara bijaksana.

bijak berplastik

Soal gerakan #BijakBerplastik ini sebenarnya sudah diinisiasi Danone-AQUA sejak dulu. Perusahaan yang telah berdiri sejak 46 tahun ini sudah mempromosikan inisiatif daur ulang pertama sejak tahun 1993 dengan program Aqua Peduli. Setiap tahunnya program ini mengumpulkan 12000 ton plastik dan melalui 6 Recycling Business Unit. Mereka mengolah limbah plastik dan menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang.

Setelah mengunjungi zona ini saya jadi tahu banyak informasi soal seluk beluk air dan pentingnya air bagi kehidupan manusia. Ke depannya tentu saja saya akan mengajak Renjana untuk bermain ke Taman Pintar lagi supaya dia bisa belajar banyak soal kebaikan air dan bagaimana bijak berplastik.

Kalau kawan-kawan sendiri pernah berkunjung ke Taman Pintar belum?

TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY
Jam buka: Selasa – Minggu dan tanggal merah

taman-pintar-yogyakarta-2019_03_29-brosurharga20192

 

Wonosobo, 14 April 2018
Ditulis sambil berjuang cari WiFi di kampung halaman
beberapa foto diambil oleh Agy Duckofyork.Com

Elisabeth Murni

Puan kelana. Peramu kata. Pencipta bahagia.

You may also like...

12 Responses

  1. Latifah says:

    Udah pernah dong. Favorit banget buat ajak adik dan keponakan wisata sambil belajar. Terakhir ke sana zona airnya belum sebagus ini. Harus ke sana lagi deh 😊

  2. Yustrini says:

    Belum pernah ke Taman Pintar, kayaknya bagus banget buat tempat bermain dan belajar anak-anak.

  3. Jadi sebelumnya zona ini udah ada, lalu diperbaharui dengan menggandeng pihak lain. Gitu toh, baru tau aku mbak.. *ketauan nggak pernah blusukan ke taman pintar. Iki mas bre nggak mbok jak po mbak.. *mbayangin dia lari-larian di sana ;D

  4. Mei says:

    keren niy CSR nya Danone, bisa jadi salahs atu destinasi wisata edukasi buat anak-anak kalau pas lagi liburan. dan baru tahu ternyata sebelumnya pernah ada ya Mba, thanks untuk sharingnya :)

  5. Hanifa says:

    Kalo ada yang nyebut Taman Pintar, jadi inget waktu kencan pertama sama pacar di sana HAHAHA. Btw ini keren banget sih Zona Kebaikan Air. Semoga dengan ini, para pengunjungnya, baik anak-anak maupun orang dewasa jadi makin sadar untuk rutin mengonsumsi air sehat dalam jumlah yang dianjurkan setiap harinya :)

  6. Ririe Khayan says:

    Baru sekali ke taman pintar, itupun duluu banget saat masih tinggal di Jawa Timur. Saat itu sudah ada zona kebaikan air juga tapi masih belum sebagus sekarang pastinya.

  7. Jangan-jangan satu dasawarsa yang lalu kita pernah ketemu yaaa,, tapi saya hanya pengunjung hehehe.. Dulu suka kesana sama anak pertamaku. Nah, sekarang pengin kesana lagi ngajak anak kedua. Pasti dia seneng banget, apalagi sekarang ada Zona Kebaikan Air ini. Thanks for sharing, mba..

  8. Ety Abdoel says:

    Saya pernah bawa anak-anak ke Taman Pintar seharian. Ternyata ya belum semua sempat dilihat. Moga bisa kesana lagi untuk bermain dan belajar di zona air.

  9. Juliastri Sn says:

    Taman Pintar itu tempat asyik yang mengedukasi. Hiburannya juga Ada, belajar sambil bermain. Anak-anak pasti suka :)

  10. Riana Dewie says:

    Mantab. Taman Pintar ini edukatif banget ya mbak. Anak-anak girang, emaknya juga seneng bisa skalian refreshing 😍

  11. ismyama says:

    Beberapa wahana nya baru ya, jadi semangat mau ke sana lagi. Termasuk zona air

  12. Aorlin.com says:

    Lumayan juga yah kalo mau cobain semua wahananya 😉

Sharing yuk!